INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PETUGAS CUSTOMER SERVICE DAN KEPUTUSAN PELANGGAN UNTUK MENGGUNAKAN JASA FOTOGRAFI ( Studi Kasus Aktivitas Hubungan Pelanggan di SaeGde Studio)

Damayanti, Gabriella Risma (2018) INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PETUGAS CUSTOMER SERVICE DAN KEPUTUSAN PELANGGAN UNTUK MENGGUNAKAN JASA FOTOGRAFI ( Studi Kasus Aktivitas Hubungan Pelanggan di SaeGde Studio). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Gabriella Risma Damayanti)
KOM04797.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi Interpersonal merupakan proses komunikasi berupa pertukaran pesan yang terjadi antara dua orang atau beberapa orang dalam kelompok kecil dan terjadi secara tatap muka serta memiliki feedback secara langsung. Komunikasi interpersonal menjadi bagian dari komunikasi setiap manusia yang selalu terjadi dan tidak dapat dihindari. Latar belakang penelitian ini adalah komunikasi interpersonal yang terjadi antara petugas customer service SaeGde Studio dengan pelanggan. Pada dasarnya penelitian ini meneliti aktivitas hubungan pelanggan, maka dengn meminjam konsep dari teori hubungan pelanggan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas komunikasi interpersonal petugas customer service dengan pelanggan terhadap keputusan pelanggan untuk menggunakan jasa fotografi di SaeGde Studio. Selain teori hubungan pelanggan, terdapat teori lain yang digunakan, yaitu teori komunikasi persuasif dan komunikasi interpersonal. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survey dan kuesioner sebagai instrumen untuk pengumpulan data. Kuesioner diisi oleh seluruh pelanggan SaeGde Studio yang berjumlah 122 orang dalam periode bulan oktober hingga desember 2016. Penelitian ini juga menggunakan tabel distribusi frekuensi sebagai teknik untuk menganalisis data dan pengujian hipotesis penelitian dihitung menggunakan korelasi tabulasi silang atau crosstab. Berdasarkan pengujian menggunakan korelasi crosstab ditemukan hasil chi square sebesar 6,362 yang menunjukkan ada keterkaitan antara variabel intensitas komunikasi interpersonal petugas customer service dan keputusan pelanggan menggunakan jasa fotografi sebagai hipotesis pertama dan juga ada keterkaitan antara variabel intensitas komunikasi interpersonal petugas customer service dan keputusan pelanggan menggunakan jasa fotografi sebagai hipotesis kedua dengan nilai chi square sebesar 17,443. Jadi kedua hipotesis yang ada dalam penelitian ini semuanya terbukti. Kata Kunci : Komunikasi interpersonal, keputusan penggunaan, motivasi.Komunikasi Interpersonal merupakan proses komunikasi berupa pertukaran pesan yang terjadi antara dua orang atau beberapa orang dalam kelompok kecil dan terjadi secara tatap muka serta memiliki feedback secara langsung. Komunikasi interpersonal menjadi bagian dari komunikasi setiap manusia yang selalu terjadi dan tidak dapat dihindari. Latar belakang penelitian ini adalah komunikasi interpersonal yang terjadi antara petugas customer service SaeGde Studio dengan pelanggan. Pada dasarnya penelitian ini meneliti aktivitas hubungan pelanggan, maka dengn meminjam konsep dari teori hubungan pelanggan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas komunikasi interpersonal petugas customer service dengan pelanggan terhadap keputusan pelanggan untuk menggunakan jasa fotografi di SaeGde Studio. Selain teori hubungan pelanggan, terdapat teori lain yang digunakan, yaitu teori komunikasi persuasif dan komunikasi interpersonal. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survey dan kuesioner sebagai instrumen untuk pengumpulan data. Kuesioner diisi oleh seluruh pelanggan SaeGde Studio yang berjumlah 122 orang dalam periode bulan oktober hingga desember 2016. Penelitian ini juga menggunakan tabel distribusi frekuensi sebagai teknik untuk menganalisis data dan pengujian hipotesis penelitian dihitung menggunakan korelasi tabulasi silang atau crosstab. Berdasarkan pengujian menggunakan korelasi crosstab ditemukan hasil chi square sebesar 6,362 yang menunjukkan ada keterkaitan antara variabel intensitas komunikasi interpersonal petugas customer service dan keputusan pelanggan menggunakan jasa fotografi sebagai hipotesis pertama dan juga ada keterkaitan antara variabel intensitas komunikasi interpersonal petugas customer service dan keputusan pelanggan menggunakan jasa fotografi sebagai hipotesis kedua dengan nilai chi square sebesar 17,443. Jadi kedua hipotesis yang ada dalam penelitian ini semuanya terbukti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi interpersonal, keputusan penggunaan, motivasi.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 May 2018 13:02
Last Modified: 22 May 2018 13:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14846

Actions (login required)

View Item View Item