Rengil, Maria Chandra Sari (2018) KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR BERSAMA SAMSAT JAYAPURA. S1 thesis, UAJY.
Text (Maria Chandra Sari Rengil)
KOM04946.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kualitas komunikasi interpersonal yang ada dalam pelayanan pajak di Kantor Bersama Samsat Jayapura. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sering terjadi di Kantor Bersama Samsat Jayapura. Permasalahan berupa seringnya pelanggan yang datang mengeluh. Sebagai organisasi publik yang merupakan cerminan pemerintahan daerah setempat, Kantor Bersama Samsat Jayapura perlu untuk mengetahui sumber permasalahan yang ada sehingga dapat memperbaiki diri. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode survei dan dikumpulkan melalui kuisioner. Populasi dalam penelitian adalah pelanggan yang datang di Kantor Bersama Samsat Jayapura yakni sebanyak 171 responden. Teknik pengambilan sampling adalah accidental sampling. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat, distribusi frekuensi dimana akan mengetahui baik buruknya kualitas komunikasi interpersonal yang ada. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa kualitas komunikasi interpersonal yang ada di Kantor Bersama Samsat Jayapura dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dari hasil distribsui frekuensi yang ada sebanyak 59,1 % responden mengatakan bahwa kualitas komunikasi interpersonal sudah baik. Kualitas yang baik menciptakan hubungan yang harmonis, sebaliknya kualitas komunikasi yang buruk dapat menimbulkan hubungan yang kurang harmonis bahkan dapat menimbulkan permasalahan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Komunikasi Interpersonal, Pelayanan Publik, Hubungan Pelanggan |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 23 May 2018 09:49 |
Last Modified: | 23 May 2018 09:49 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14859 |
Actions (login required)
View Item |