“PENGARUH TERPAAN IKLAN TVC SHAMPOO TERHADAP TINGKAT MOTIVASI PEMBELIAN”

KOM, Ferra Dewi (2011) “PENGARUH TERPAAN IKLAN TVC SHAMPOO TERHADAP TINGKAT MOTIVASI PEMBELIAN”. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02983.pdf

Download (808Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02983.pdf

Download (314Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02983.pdf

Download (378Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02983.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02983.pdf

Download (976Kb)

Abstract

Perkembangan perusahaan atau produsen saat ini semakin maju, hal ini yang akan membuat persaingan antar produsen. Dengan adanya hal tersebut, akan membuat produsen atau perusahaan untuk menawarkan berbagai jenis produk yang sama dengan beraneka manfaat yang berbeda-beda kepada konsumen. Persaingan bisnis ini juga terjadi pada produk shampoo, berbagai macam jenis merek shampoo sudah beredar dipasaran dengan menawarkan berbagai varian danmanfaatnya. Biasanya, perusahaan juga perlu menyebarkan informasi agar produk-pro uknya dapat dikenal oleh masyarakat luas. Penyebaran informasi ini dilakukan dengan cara promosi. Berkaitan dengan periklanan, banyak perusahaan yang menggunakan media televisi untuk melakukan promosi dan memberikan informasi mengenai produknya. Iklan menggunakan media televisi dianggap dapat dengan mudah untuk meyakinkan masyarakat luas dan mempengaruhi persepsi khalayak sasaran, karena mempunyai dampak yang kuat, seperti faktor audio-visual ya g melibatkan 2 indra sekaligus yaitu indra penglihatan dan indra pendengaran. Selain itu, media televisi juga dapat menayangkan berbagai gambar, konsep dan ide-ide atau pemikiran suatu iklan yang dapat membuat masyarakat tertarik untuk melihatnya, sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh terpaan iklan TVC shampoo terhadap motivasi pembelian. Variabel dalam penelitian ini adalah Terpaan Iklan TVC (X), Tingkat Pengetahuan Respon Konsumen (Z), ini merupakan variabel terikat dan Tingkat Motivasi Pembelian (Y). Jenis penelitian ini adalah eksplanatif kuantitatif dengan metode survey. Alat pengumpulan data yang utama adalah kuesioner. Populasinya yaitu mahasiswi jurusan komunikasi angkatan 2008 dan 2009 Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan berjumlah 122 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling, dalam metode pengujian instrument dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan uji asumsi klasik dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil uji analisis regresi linier sederhana mempunyai pengaruh yang kuat terhadap tingkat motivasi pembelian. Berdasarkan uji F dan uji t, dapat diketahui bahwa antara variabel terpaan iklan TVC dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan respon konsumen dan terpaan iklan TVC dipengaruhi oleh variabel tingkat motivasi pembelian, bila dikontrol dengan variabel tingkat pengetahuan respon konsumen. Peneliti menyarankan kepada perusahaan untuk lebih menambah frekuensi tayangan pada iklannya, agar masyarakat semakin yakin terhadap produk yang diiklankan, sehingga dalam mempromosikan suatu produk akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi. Kemudian PDF Create! 3 Trial www.scansoft.com untuk penelitian selanjutnya peneliti harus lebih lagi dalam meneliti tentang frekuensi dan intensitas menonton, karena sangat menarik, namun harus meneliti dengan iklan yang lainnya harus dan jeli dalam melihat masalah yang ada tentunya berdasarkan dengan teori yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan iklan TVC, tingkat pengetahuan respon konsumen pada iklan, dan tingkat motivasi pembelian
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 May 2013 13:38
Last Modified: 16 May 2013 13:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1488

Actions (login required)

View Item View Item