PROSES KOMUNIKASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK POMADE (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Komunikasi Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pomade Smith di Kalangan Pengguna Pomade di Kota Padang)

Cahaya, Reynaldi (2018) PROSES KOMUNIKASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK POMADE (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Komunikasi Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pomade Smith di Kalangan Pengguna Pomade di Kota Padang). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Reynaldi Cahaya)
KOM04751.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Setiap manusia dalam kehidupan sosial akan saling membutuhkan. Dalam berhubungan dengan yang lain, manusia memiliki proses komunikasi yang digunakan dalam berinteraksi. Objek dari penelitian ini adalah pomade. Pomade merupakan salah satu produk penata rambut yang banyak digunakan dari tahun 1800an hingga abad ke 20. Pada zaman dahulu pomade hanya digunakan untuk menata rambut, sedangkan zaman sekarang pomade tidak sekedar untuk menata rambut, tetapi juga untuk bergaya. Penelitian ini mengamati mengenai tren pomade di kota Padang. Pengguna pomade di kota Padang sangat bervariasi, dimulai dari pelajar SD hingga pekerja. Sebagian besar diantara pengguna pomade tersebut hampir setiap hari menggunakan pomade. Penelitian ini ingin mengetahui proses komunikasi dalam proses pengambilan keputusan pembelian produk pomade. Dalam penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Interpersonal, Model Komunikasi SMCR,, Teori Penetrasi Sosial dan Perilaku Konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara yang dilakukan terhadap lima pengguna pomade di kota Padang, yang terdiri dari pelajar SD, SMP, SMA, mahasiswa dan pekerja. Selain itu, peneliti juga mengumpulkan dokumen terkait pomade Smith untuk mendukung data penelitian. Berdasarkan penelitian ini, peneliti memperoleh data, terdapat dua proses komunikasi dalam pengambilan keputusan pembelian pomade. Proses 1: Konsumen SD dan SMP cenderung melakukan komunikasi dengan penjual melalui media terlebih dahulu sebelum membeli pomade. Proses 2: Konsumen SMA, mahasiswa dan pekerja melakukan komunikasi secara langsung dengan penjual di toko. Setelah melakukan komunikasi langsung, terjadi proses pembelian. Setelah pembelian, konsumen juga ada menggunakan media untuk mencari informasi tambahan mengenai produk yang dibeli. Berdasarkan analisis penelitian, terdapat dua kesimpulan. Pertama, komunikasi konsumen SD dan SMP dengan penjual tidak terjadi secara langsung. Kedua, komunikasi konsumen SMA, mahasiswa dan pekerja dengan penjual terjadi secara langsung. Saran dari segi akademis, penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode kuantitaif yakni efektivitas iklan pomade Smith dibanding iklan produk penata rambut lainnya seperti hairspray. Saran bagi pemasar, agar menambah varian merek yang kualitas setara dengan pomade Smith.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi, Keputusan Pembelian, Pomade
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Jul 2018 07:59
Last Modified: 09 Jul 2018 07:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15071

Actions (login required)

View Item View Item