Sakti, Daniel Afero (2011) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KAPASITAS JALAN DAN KECEPATAN KENDARAAN DI JALAN A.M. SANGAJI. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS11847.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS11847.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS11847.pdf Download (56kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS11847.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS11847.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
||
Text (Bab V)
5TS11847.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS11847.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Jalan A.M. Sangaji merupakan ruas jalan di pusat perdagangan dan perniagaan di kota Yogyakarta. Permasalahan yang sering timbul adalah konflik arus lalulintas dan hambatan samping yang dapat menyebabkan kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kondisi lalulintas yang dipengaruhi oleh aktivitas pasar dengan menganalisis kinerja jalan dan pengaruh hambatan samping terhadap kecepatan kendaraan ringan serta mengetahui perubahan nilai kecepatan arus bebas, derajat kejenuhan, kapasitas dengan membandingkan kondisi saat ini dengan kondisi tanpa kendaraan parkir, tanpa pejalan kaki, tanpa kendaraan tidak bermotor, dan tanpa kendaraan keluar masuk jalan. Penelitian dilaksanakan selama tiga hari yaitu Sabtu, 5 Maret 2011, Minggu, 6 Maret 2011 dan Senin,7 Maret 2011 pada jam-jam sibuk yaitu pagi hari pada pukul 06.00 – 07.00 WIB, siang hari pada pukul 11.00 – 13.00 WIB, sore hari pada pukul 16.00 – 17.00 WIB. Penelitian perhitungan yang dilakukan yaitu kecepatan tempuh kendaraan ringan, Volume Lalulintas dan hambatan samping untuk tiap interval waktu 15 menit. Hasil masing-masing penelitian dipilih jam puncak tertinggi yang akan digunakan untuk analisis menggunakan MKJI 1997 untuk mengetahui kinerja jalan. Dari penelitian diperoleh bahwa nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,68. Berdasarkan analisis menggunakan MKJI 1997, untuk mengatasi masalah Lalu lintas, penulis memberikan alternatif solusi yaitu dengan meniadakan parkir dikedua sisi jalan (alternatif 3) dapat menambah kapasitas jalan dari 2140,2 smp/jam menjadi 2852,8 smp/jam dan menambah kecepatan dari 26 km/jam menjadi 31,5 km/jam. Sedangkan nilai Derajat Kejenuhan (DS) dapat diturunkan dari 0,97 menjadi 0,51
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecepatan, kapasitas, derajat kejenuhan, hambatan samping |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 17 May 2013 13:33 |
Last Modified: | 17 May 2013 13:33 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1509 |
Actions (login required)
View Item |