PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KAPASITAS JALAN DAN KECEPATAN KENDARAAN DI JALAN A.M. SANGAJI

Sakti, Daniel Afero (2011) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KAPASITAS JALAN DAN KECEPATAN KENDARAAN DI JALAN A.M. SANGAJI. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS11847.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS11847.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS11847.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS11847.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS11847.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (Bab V)
5TS11847.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS11847.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Jalan A.M. Sangaji merupakan ruas jalan di pusat perdagangan dan perniagaan di kota Yogyakarta. Permasalahan yang sering timbul adalah konflik arus lalulintas dan hambatan samping yang dapat menyebabkan kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kondisi lalulintas yang dipengaruhi oleh aktivitas pasar dengan menganalisis kinerja jalan dan pengaruh hambatan samping terhadap kecepatan kendaraan ringan serta mengetahui perubahan nilai kecepatan arus bebas, derajat kejenuhan, kapasitas dengan membandingkan kondisi saat ini dengan kondisi tanpa kendaraan parkir, tanpa pejalan kaki, tanpa kendaraan tidak bermotor, dan tanpa kendaraan keluar masuk jalan. Penelitian dilaksanakan selama tiga hari yaitu Sabtu, 5 Maret 2011, Minggu, 6 Maret 2011 dan Senin,7 Maret 2011 pada jam-jam sibuk yaitu pagi hari pada pukul 06.00 – 07.00 WIB, siang hari pada pukul 11.00 – 13.00 WIB, sore hari pada pukul 16.00 – 17.00 WIB. Penelitian perhitungan yang dilakukan yaitu kecepatan tempuh kendaraan ringan, Volume Lalulintas dan hambatan samping untuk tiap interval waktu 15 menit. Hasil masing-masing penelitian dipilih jam puncak tertinggi yang akan digunakan untuk analisis menggunakan MKJI 1997 untuk mengetahui kinerja jalan. Dari penelitian diperoleh bahwa nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,68. Berdasarkan analisis menggunakan MKJI 1997, untuk mengatasi masalah Lalu lintas, penulis memberikan alternatif solusi yaitu dengan meniadakan parkir dikedua sisi jalan (alternatif 3) dapat menambah kapasitas jalan dari 2140,2 smp/jam menjadi 2852,8 smp/jam dan menambah kecepatan dari 26 km/jam menjadi 31,5 km/jam. Sedangkan nilai Derajat Kejenuhan (DS) dapat diturunkan dari 0,97 menjadi 0,51

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecepatan, kapasitas, derajat kejenuhan, hambatan samping
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 May 2013 13:33
Last Modified: 17 May 2013 13:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1509

Actions (login required)

View Item View Item