EFEKTIVITAS STORY TELLING BERDASARKAN CUSTOMER PATH 5A (Studi Deskriptif Mengenai Efektivitas Story Telling dalam Webseries Sore: Istri dari Masa Depan Episode 9 pada Subscriber Youtube Tropicana Slim berdasarkan Customer Path 5A pada Konsumen Perempuan dan Laki-laki)

PUSPITARATRI, VALENTINA FEBI (2018) EFEKTIVITAS STORY TELLING BERDASARKAN CUSTOMER PATH 5A (Studi Deskriptif Mengenai Efektivitas Story Telling dalam Webseries Sore: Istri dari Masa Depan Episode 9 pada Subscriber Youtube Tropicana Slim berdasarkan Customer Path 5A pada Konsumen Perempuan dan Laki-laki). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (VALENTINA FEBI PUSPITARATRI)
KOM05117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Komunikasi pemasaran menggunakan internet sudah mulai beragam dan diminati oleh pemasar. Media internet yang digunakan sangat beragam, salah satunya yaitu menggunakan media sosial YouTube. Sore Istri dari Masa Depan berbentuk cerita bersambung atau sering disebut dengan webseries. Video tersebut memiliki konten kesehatan yang terdiri dari sembilan babak atau episode. Sore Istri dari Masa Depan muncul bersamaan dengan produk Tropicana Slim Stevia. Episode sembilan merupakan satu-satunya babak yang memperlihatkan produk Tropicana Slim Stevia. Penelitian ini akan melihat efektivitas story telling Sore dari Masa Depan episode sembilan menggunakan Customer Path 5A dengan mengadopsi CRI. Adopsi yang dimaksud adalah mengganti awareness, comprehend, interest, intensions, dan action menggunakan konsep-konsep Customer Path 5A yaitu aware, appeal, ask, act, advocate.. Didapatkan fakta bahwa Laki-laki dan perempuan memiliki perilaku konsumen yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian yang membandingkan laki-laki dan perempuan dalam menanggapi story telling Sore Istri dari Masa depan Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survey dengan alat bantu kuesioner. Pada YouTube khalayak dapat mengikuti segala informasi sebuah channel YouTube dengan berlangganan atau subscriber. Subscriber Channel Tropicana Slim merupakan populasi dalam penelitian ini. Penelitian ini akan membandingkan laki-laki dan perempuan sehingga ssampel pada penelitian ini adalah 100 orang yang terdiri dari 50 lakilaki dan 50 perempuan. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa video story telling Sore Istri dari masa depan memiliki angka CRI yang rendah yang disebabkan karena low ask. CRI keseluruhan responden pada episode sembilan Sore Istri Masa Depan sebesar 21%. CRI responden laki-laki diperoleh sebesar 11,3%, sedangkan CRI responden perempuan sebesar 9,7%. Pada penghitungan respon konsumen yang memperoleh angka paling tinggi yaitu respon konsumen tidak ask yaitu sebesar 59% pada responden keseluruhan dan 29, 5% pada responden laki-laki dan 29,7% pada responden laki-laki. Angka respon konsumen yang tidak ask lebih tinggi dibandingkan angka CRI yang diperoleh. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa angka CRI yang rendah mencerminkan tidak efektifnya webseries Sore Istri dari Masa depan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi pemasaran, CRI, Customer Path 5A, Efektivitas
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jul 2018 08:25
Last Modified: 12 Jul 2018 08:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15102

Actions (login required)

View Item View Item