CUSTOMER ENGAGEMENT DI MNC PLAY MELALUI TWITTER (Analisis Isi Kualitatif Media Sosial Twitter MNC Play Indonesia)

Hijayah, Nur (2018) CUSTOMER ENGAGEMENT DI MNC PLAY MELALUI TWITTER (Analisis Isi Kualitatif Media Sosial Twitter MNC Play Indonesia). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Nur Hijayah)
KOM04521.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konten dan pesan di media sosial Twitter MNC Play sebagai salah satu usaha melakukan customer engagement dan mengidentifikasi dan mendeskripsikan customer engagement media sosial twitter MNC Play. Identifikasi tersebut dipilih karena saat ini sebuah perusahaan tidak bisa hanya mengandalkan hubungan konsumen saja, namun perlu dibarengu dengan customer engagement. Media baru seperti halnya Twitter banyak digunakan saat ini dan menjadi pilihan bagi beberapa perusahaan karena lebih cepat dan dapat memunculkan diskusi. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretatif untuk memaknai realitas sosial atau dalam konteks penelitian ini adalah customer engagement pada media sosial Twitter MNC Play. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Objek penelitian pada skripsi ini adalah media sosial Twitter dari perusahaan MNC Play. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Setelah pengumpulan data terkumpul, sesuai dengan tahapan dari analisis isi, penulis akan memilah data yang ada menggunakan metode sampel purposive. Hasil yang muncul pada penelitian ini adalah customer engagement sudah dilakukan oleh MNC Play. Beberapa tahapan dari customer engagement sudah dilakukan oleh perusahaan untuk konsumennya. Terdapat tiga tahapan yang sudah dilakukan yakni consumption, curation, creation. Namun tahapan terakhir yakni collaboration belum ditemukan pada penelitian ini. Media Twitter pada MNC Play belum mencapai keempat tahapan customer secara menyeluruh,

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: twitter, customer engagement, hubungan konsumen
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jul 2018 09:00
Last Modified: 12 Jul 2018 09:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15104

Actions (login required)

View Item View Item