PELATIHAN SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MENGINTERNALISASI BUDAYA ORGANISASI 3S (SENYUM, SAPA, SALAM) DI RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA

WARDANI, KOMANG KUSUMA (2018) PELATIHAN SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MENGINTERNALISASI BUDAYA ORGANISASI 3S (SENYUM, SAPA, SALAM) DI RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (KOMANG KUSUMA WARDANI)
KOM04974.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus pada pelatihan sebagai bentuk komunikasi internal dalam menginternalisasi budaya organisasi 3S di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi internal sebagai acuan untuk meneliti tahap-tahap yang terjadi dalam pelatihan sebagai bentuk komunikasi internal untuk menginternalisasi budaya organisasi. Komunikasi internal diperlukan untuk membantu organisasi dalam memberikan pengetahuan sampai pada tahap pelaksanaan kepada anggota organisasi melalui tahapan proses internalisasi yang dapat dilihat dari tahapan kegiatan yang telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap pada pelatihan sebagai bentuk komunikasi internal yang dilakukan dalam menginternalisasi budaya organisasi 3S (Senyum, Sapa, Salam) di Rumah Sakit Bethesda dalam konteks komunikasi organisasi. Metode yang peneliti gunakan adalah studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam agar peneliti dapat menemukan faktafakta yang tidak terlihat dan melakukan kegiatan observasi untuk gambaran yang lebih realistik pada kegiatan pelatihan untuk menginternalisasi budaya organisasi 3S. Penelitian ini menemukan bahwa tahapan dalam pelatihan sebagai bentuk komunikasi internal dalam menginternalisasi budaya organisasi memiliki lima komponen seperti yang diungkapan oleh Fadillah yaitu tahap awal masuk dalam awareness, tahap praktek dan tahap akhir masuk dalam tahapan understanding, dan tahap evaluasi masuk dalam assessment, acceptance dan implementation. Pelatihan menjadi penting dikarenakan tahapan proses internalisasi terjadi dalam kegiatan pelatihan tersebut untuk menginternalisasi budaya organisasi 3S (Senyum, Sapa, Salam) di RS. Bethesda Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Internal, Budaya Organisasi, Internalisasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jul 2018 09:09
Last Modified: 12 Jul 2018 09:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15105

Actions (login required)

View Item View Item