PENGARUH BIG FIVE PERSONALITY FACTOR TERHADAP KOMITMEN KARIR PADA KARYAWAN PT. FREEPORT INDONESIA

Charlyn, Maria Febrianty (2017) PENGARUH BIG FIVE PERSONALITY FACTOR TERHADAP KOMITMEN KARIR PADA KARYAWAN PT. FREEPORT INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Maria Febrianty Charlyn)
EM19654.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara faktor kepribadian (extraversion, agreeableness, conscientiousness , openness, emotional stability) terhadap komitmen karir ditempat kerja pada karyawan CPM (Career Performance Management) PT. Freeport Indonesia. CPM sendiri merupakan salah satu bagian divisi dalam perusahaan yang mengurus pengembangan karyawan yang bekerja di Freeport. Perusahaan dituntut untuk memiliki praktik – praktik yang sesuai dengan karyawan. jika praktik – praktik SDM tidak sesuai atau tidak terpenuhi akan memiliki pengaruh terhadap komitmen karyawan terhadap karirnya diperusahaan. Untuk memupuk tenaga kerja yang berkomitmen pada karir, penting untuk meningkatkan kesadaran kepribadian karyawan untuk membimbing mereka dalam mempelajari hasil karir yang menguntungkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data yang digunakan merupakan data primer, dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penelitian secara tidak langsung yaitu dengan menyebarkan kuesioner pada karyawan Career Performance Management PT. Freeport Indonesia. Sampel yang digunakan merupakan karyawan yang bekerja minimal 2 tahun sehingga menggunakan Purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Analisis deskriptif pada penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu; analisis deskriptif responden dan analisis data kuesioner yang telah disebar. Dari pengujian yang dilakukan terdapat hasil yaitu kepribadian (extraversion, agreeableness, conscientiousness , openness) berpengaruh terhadap komitmen karir namun, kepribadian emotional stability tidak berpengaruh terhadap komitmen karir.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Extraversion, agreeableness, conscientiousness, emotional stability, openness,dan Komitmen karir.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Aug 2018 09:11
Last Modified: 01 Aug 2018 09:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15298

Actions (login required)

View Item View Item