ANALISIS SISTEM RANGKA BAJA STAGGERED TRUSS SEBAGAI BANGUNAN TAHAN GEMPA BERDASARKAN AISC 341 SEISMIC PROVISIONS 2005

Setiawan, Agustinus Ferry (2011) ANALISIS SISTEM RANGKA BAJA STAGGERED TRUSS SEBAGAI BANGUNAN TAHAN GEMPA BERDASARKAN AISC 341 SEISMIC PROVISIONS 2005. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS12686.pdf

Download (605Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS12686.pdf

Download (54Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS12686.pdf

Download (120Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS12686.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS12686.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS12686.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS12686.pdf

Download (49Kb)

Abstract

Dalam perencanaan struktur baja tahan gempa dikenal beberapa tipe struktur sebagai pemikul beban gempa seperti Special Truss Moment Frames (STMF). Salah nsatu tipe STMF yaitu Staggered Truss.Sistem struktur rangka baja Staggered Truss ini terdiri dari beberapa rangka yang ditempatkan pada baris kolom secara bergantian di setiap lantai. Sistem struktur Staggered Truss ini mentransferkan gaya lateral yang diterima dari rangka ke lantai.Kontribusi Staggered Truss pada setiap lantai dalam memikul beban gempa sampai pada perancangan capacity design yang digunakan merupakan masalah yang dibahas dalam tugas akhir. Analisis struktur dilakukan dengan menggunakan software ETABS non linear versi 9.0. Struktur gedung yang dimodelkan terbuat dari struktur baja dengan bentuk simetris dan tipikal tiap lantai. Struktur gedung termasuk kategori struktur beraturan dan berada di wilayah gempa 6 dengan jenis tanah lunak. Analisis beban gempa yang dilakukan menggunakan analisis statik ekivalen. Konsep perencanaan struktur tahan gempa yang digunakan berdasarkan SNI 03- 1726- 2002 dan SNI 03-1729-2002 serta AISC 2005 Special Truss Moment Frames.Dalam Staggered Truss perhitungan gaya geser vertikal maksimum (Vne) merupakan bagian yang penting hal ini dikarenakan perancangan vierendeel dengan tujuan untuk mencegah anggota lainnya mengalami kelelehan terlebih dahulu. Dari hasil analisis struktur, pada lantai 1-3 pada bagian segmen khusus memikul momen dan geser yang lebih besar dibanding lantai diatasnya . Struktur dirancang menggunakan konsep capacity design. Sendi plastis geser jatuh pada balok vierendeel (segmen khusus).Dari hasil perancangan, khususnya viereendel dihasilkan penulangan lentur maupun geser yang telah memenuhi syarat untuk Special Truss Moment Frames. Pada lantai satu menggunakan profil W10x77, lantai 2 W10x60 dan lantai 3-atap W10x33.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Staggered Truss,STMF
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 May 2013 09:29
Last Modified: 20 May 2013 09:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1530

Actions (login required)

View Item View Item