PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP TINGKAT MOTIVASI MENYELESAIKAN STUDI (Studi Eksplanatif Pada Komunikasi Dalam Keluarga Terhadap Motivasi Menyelesaikan Studi Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY))

MATITAKAPA, JAY DHAITANIO (2017) PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP TINGKAT MOTIVASI MENYELESAIKAN STUDI (Studi Eksplanatif Pada Komunikasi Dalam Keluarga Terhadap Motivasi Menyelesaikan Studi Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (JAY DHAITANIO MATITAKAPA)
KOM04604.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Komunikasi dalam keluarga mencakup komunikasi suami dan istri, komunikasi orang tua dan anak. Jika setiap anggota keluarga memiliki kemampuan komunikasi yang baik maka masalah apapun dalam keluarga lebih mudah untuk diselesaikan. Komunikasi dalam keluarga akan membentuk karakter anggota keluarga dan menjadikan keluarga sebagai lingkungan komunikasi interpersonal yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi keluarga sebagai konteks, teori komunikasi interpersonal dan teori motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey, dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa UAJY sebagai responden dalam penelitian ini. Melalui hasil uji korelasi pearson product moment, hubungan intensitas komunikasi interpersonal dalam keluarga (X) dengan tingkat motivasi menyelesaikan studi (Y) mempunyai nilai r=0,375 dan signifikan (0,000 < 0,05). Meskipun mempunyai hubungan yang positif, angka tersebut berada dalam kategori hubungan yang rendah. Sedangkan melalui analisis regresi linear sederhana didapatkan koefisien determinasi (r square) sebesar 0,141 yang berarti kontribusi intensitas komunikasi interpersonal dalam keluarga (X) terhadap tingkat motivasi menyelesaikan studi (Y) hanya sebesar 14,4% sedangkan sisanya sebesar 85,6% (100% - 14,4%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar model yang diteliti. koefisien regresi variabel intensitas komunikasi interpersonal sebesar +0,306 artinya jika intensitas komunikasi interpersonal (X) mengalami kenaikan sebesar 1, maka tingkat motivasi (Y) mengalami kenaikan sebesar 0,306. Penelitian ini membuktikan kebenaran hipotesis peneliti bahwa ada pengaruh intensitas komunikasi interpersonal dalam keluarga terhadap tingkat motivasi menyelesaikan studi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi keluarga, intensitas komunikasi interpersonal, tingkat motivasi belajar.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:47
Last Modified: 03 Aug 2018 07:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15358

Actions (login required)

View Item View Item