PERAN MEDIA FILM DALAM MENGUBAH BRAND IMAGE (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Peran Media Film Wild Hogs dalam Mengubah Brand Image Harley-Davidson di Benak Audience)

Caesario, Jeffy (2017) PERAN MEDIA FILM DALAM MENGUBAH BRAND IMAGE (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Peran Media Film Wild Hogs dalam Mengubah Brand Image Harley-Davidson di Benak Audience). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Jeffy Caesario)
KOM04429.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penempatan produk Harley-Davidson pada film Wild Hogs merupakan sebuah strategi penyampaian informasi yang bertujuan untuk menciptakan suatu image di dalam benak audience. Informamsi yang disampaikan melalui strategi brand placement Harley-Davidson pada film Wild Hogs berupa nilai-nilai sejati yang terdapat dalam kegiatan mengendarai Harley-Davidson serta atribut-atribut yang melekat pada produk sepeda motor Harley-Davidson. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran film Wild Hogs dalam mengubah brand image Harley-Davidson di benak audience. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori selective exposure. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah empat orang, dengan kriteria sebagai pemilik Harley-Davidson yang aktif dalam komunitas motor besar yang berada di wilayah yang mewakili DIY dan Provinsi Jawa Tengah yaitu Sleman dan Sragen Jawa Tengah. Peran film Wild Hogs adalah sebagai penyampai informasi tentang nilai-nilai sejati Harley-Davidson. Audience dalam penelitian ini memiliki persepsi terhadap Harley-Davidson dan memiliki sikap memilih untuk menerima dan tidak menerima informasi-informasi yang disampaikan, tergantung pada kesesuaian audience terhadap informasi. Informasi yang diterima audience dapat mengubah persepsi mereka terhadap Harley-Davidson yang membentuk brand image serta mempengaruhi kecenderungan audience dalam bersikap, yaitu untuk bersikap sesuai dengan tokoh yang ditampilkan di dalam film. Informasi disampaikan melalui beberapa unsur di dalam film, yaitu lewat karakter tokoh dan unsur cerita film yang menampilkan nilai-nilai sejati dalam berkendara menggunakan sepeda motor Harley-Davidson, sehingga berhasil mengubah persepsi audience yang membentuk brand image Harley-Davidson. Brand image yang berubah adalah dari Harley-Davidson sebagai merek sepeda motor dengan karakter eksklusif, maskulin, arogan, nakal, dan berkharisma, menjadi Harley-Davidson sebagai merek sepeda motor untuk hobi dengan karakter inklusif sehingga dapat memperbaiki sifat pengendaranya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Film, Mengubah, Brand Image
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Aug 2018 08:42
Last Modified: 03 Aug 2018 08:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15366

Actions (login required)

View Item View Item