USULAN PERBAIKAN TATA KELOLA PRODUK DAN LAYANAN DI CV. FRUITZEE MITRA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Pakiding, Eka Pratiwi Briant (2018) USULAN PERBAIKAN TATA KELOLA PRODUK DAN LAYANAN DI CV. FRUITZEE MITRA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TI075320.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
TI075321.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB II)
TI075322.pdf

Download (573kB)
[img] Text (BAB III)
TI075323.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB IV)
TI075324.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (BAB V)
TI075325.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB VI)
TI075326.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (BAB VII)
TI075327.pdf

Download (746kB)

Abstract

Penelitian dilakukan di CV. Fruitzee Mitra Indonesia, perusahaan ini merupakan perusahaan pembuatan es potong Singapore yang berdiri sejak tahun 2013. Hasil observasi dan wawancara kepada pemilik usaha menyatakan bahwa usaha yang dijalankan oleh perusahaan mengalami penurunan jumlah pembelian sejak pertengahan tahun 2015 hingga 2016. Disisi lain mitra yang sudah bekerja sama sejak tahun 2014 tidak bertahan lama dan memutuskan kerja sama hingga akhir tahun 2017. Kondisi penurunan jumlah pembelian di tandai dengan pemberhentian kerja sama oleh mitra dan penutupan beberapa counter karena semakin banyaknya kompetitor dari industri food and beverage. Perumusan masalah yang akan diselesaikan yaitu perusahaan belum menemukan strategi bisnis yang tepat untuk menjalankan usaha penjualan es potong agar mampu meningkatkan profit dan mengembangkan usahanya. Pada penelitian ini identifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat membantu pengembangan usaha dan memberi usulan strategi kepada perusahaan untuk melakukan strategi pengembangan usaha. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal. Hasil perumusan faktor tersebut digunakan dalam matrik IFAS dan EFAS untuk melakukan pembobotan hasil kuisioner, menghitung rating dan skor. Pengambilan keputusan alternatif strategi dilakukan berdasarkan analisis matrik SWOT menggunakan matriks 4 strategi (SO, WO, ST dan WT). Penggunaan metode SWOT dalam pengambilan keputusan alternatif strategi dilakukan agar perusahaan mampu menganalisis kondisi internal dan eksternal berdasarkan perspektif karyawan dan konsumen bukan hanya pemilik. Hasil perhitungan matrik IFAS dan EFAS menunjukkan posisi perusahaan berada pada kuadran satu yaitu mendukung pertumbuhan agresif. Usulan alternatif strategi yang diberikan meliputi strategi terkait pemasaran produk, inovasi produk, pemanfaatan teknologi dan sumber daya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, IFAS, EFAS, dan strategi pengembangan usaha
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Aug 2018 10:05
Last Modified: 09 Aug 2018 10:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15428

Actions (login required)

View Item View Item