KARAKTERISTIK PENGGUNA MEDIA SOSIAL YANG BERTRANSAKSI SECARA ONLINE PADA TOKO ONLINE BERRYBENKA.COM DAN SALE STOCK INDONESIA BERDASARKAN SEGMENTASI POST HOC

MAGNO, LOURDES CORREIA BERNADETE (2017) KARAKTERISTIK PENGGUNA MEDIA SOSIAL YANG BERTRANSAKSI SECARA ONLINE PADA TOKO ONLINE BERRYBENKA.COM DAN SALE STOCK INDONESIA BERDASARKAN SEGMENTASI POST HOC. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (BERNADETE LOURDES CORREIA MAGNO)
KOM04864.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada karakteristik pengguna media sosial website, mobile app dan facebook toko online Berrybenka.com dan toko online Sale Stock Indonesia pada mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Dalam penelitian ini, fenomena penggunaan media sosial sebagai alat komunikasi dan penyedia informasi toko online Berrybenka.com dan toko online Sale Stock Indonesia berperan penting dalam pengambilan keputusan pembelian pada pengguna media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik pengguna media sosial website, mobile app dan facebook toko online Berrybenka.com dan toko online Sale Stock Indonesia yang bertransaksi secara online pada mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta berdasarkan segmentasi post hoc. Karakteristik pengguna media sosial ini dijelaskan secara rinci melalui proses belajar yang dialami oleh pengguna media sosial sebagai bentuk reaksi terhadap stimuli atau rangsangan dari produk serta bauran promosi yang ditawarkan oleh toko online, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pengguna media sosial serta mengidentifikasi kelompok-kelompok pengguna media sosial dengan menggunakan pendekatatan tingkat pemakain, pola pemakaian dan manfaat untuk dapat merumuskan segmentasi post hoc dari toko online Berrybenka.com dan toko online Sale Stock Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Segmentasi post hoc yang terbentuk dari penggunaan media sosial toko online ini adalah ada kecenderungan pengguna media sosial menggunakan media sosial untuk mencari informasi, mengecek ketersediaan produk dan melakukan pemesanan produk. Pada mahasiswa UAJY ditemukan dua kelompok pengguna media sosial yaitu heavy user dan medium user dengan pola pemakaian produk yang sama dan manfaat utama yang dirasakan adalah kepuasan, kelengkapan informasi yang diperoleh dan kesesuaian produk antara apa yang ditampilkan di media sosial dan yang diterima oleh konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, pengguna media sosial, transaksi online, mahasiswa
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Aug 2018 08:21
Last Modified: 13 Aug 2018 08:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15448

Actions (login required)

View Item View Item