Sulaiman, Adam (2018) EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG MODA TRANSPORTASI ”ONLINE GO-RIDE” DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TS150700.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
TS150701.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB II)
TS150702.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB III)
TS150703.pdf Download (265kB) |
|
Text (BAB IV)
TS150704.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
Text (BAB V)
TS150705.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
|
Text (BAB VI)
TS150706.pdf Download (596kB) |
Abstract
Kota Yogyakarta mendapat julukan sebagai kota pelajar yang membuat banyaknya para pendatang dari berbagai daerah datang untuk mencari ilmu serta menetap di kota Yogyakarta. Banyaknya para pendatang membuat kota Yogyakarta semakin padat sehingga membutuhkan transportasi umum untuk mengurangi kemacetan di kota Yogyakarta. Maka dari itu dibutuhkan sebuah terobosan moda transportasi baru di Yogyakarta yang bersifat aman, nyaman, cepat, murah serta praktis seperti transportasi berbasis online sehingga dapat menarik perhatian dan memudahkan perjalanan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yaitu 50 kepada penumpang dan 50 kepada pengemudi layanan GOJEK khususnya moda transportasi online GO-RIDE. Metode analisis yang digunakan adalah Important Performance Analysis (IPA). Dari hasil analisis tingkat kepuasan penumpang terhadap penumpang serta pengemudi moda transportasi online GO-RIDE, diketahui bahwa penumpang belum sepenuhnya puas dengan layanan yang diterima yang dapat dilihat dari nilai rata-rata gap pada hasil analisis kuesioner penumpang dan pengemudi yang bertanda negatif yaitu -0,16 dan -0,15. yang menunjukkan bahwa pelayanan GORIDE masih belum memenuhi harapan penumpang. Untuk itu pihak GO-JEK selaku penyedia jasa moda tansportasi online GO-RIDE perlu memperbaiki dan meningkatkan faktor atau bagian yang perlu mendapat perhatian lebih menurut penumpang maupun pengemudi seperti jaminan keamanan dan kenyamanan layanan, pembagian pelindung seperti masker kepada konsumen, aplikasi yang mudah error, kejelasan rute perjalanan sesuai panduan aplikasi GO-JEK, kemampuan aplikasi dan kecepatan driver dalam menerima order serta keterlambatan driver dalam penjemputan. Pihak GO-JEK juga harus mempertahankan faktor atau bagian yang telah memenuhi kepuasan/harapan penumpang seperti kemampuan driver dalam menyelesaikan masalah yang terjadi selama perjalanan, driver yang tertib berlalu lintas, kemudahan dalam transaksi pembayaran, perlengkapan yang disediakan untuk penumpang serta aplikasi yang mudah digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Transportasi online, Importance Performance Analysis |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 12:44 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 12:44 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15500 |
Actions (login required)
View Item |