EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG MODA TRANSPORTASI ”ONLINE GO-RIDE” DI YOGYAKARTA

Sulaiman, Adam (2018) EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG MODA TRANSPORTASI ”ONLINE GO-RIDE” DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS150700.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
TS150701.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB II)
TS150702.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB III)
TS150703.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB IV)
TS150704.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB V)
TS150705.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text (BAB VI)
TS150706.pdf

Download (596kB)

Abstract

Kota Yogyakarta mendapat julukan sebagai kota pelajar yang membuat banyaknya para pendatang dari berbagai daerah datang untuk mencari ilmu serta menetap di kota Yogyakarta. Banyaknya para pendatang membuat kota Yogyakarta semakin padat sehingga membutuhkan transportasi umum untuk mengurangi kemacetan di kota Yogyakarta. Maka dari itu dibutuhkan sebuah terobosan moda transportasi baru di Yogyakarta yang bersifat aman, nyaman, cepat, murah serta praktis seperti transportasi berbasis online sehingga dapat menarik perhatian dan memudahkan perjalanan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yaitu 50 kepada penumpang dan 50 kepada pengemudi layanan GOJEK khususnya moda transportasi online GO-RIDE. Metode analisis yang digunakan adalah Important Performance Analysis (IPA). Dari hasil analisis tingkat kepuasan penumpang terhadap penumpang serta pengemudi moda transportasi online GO-RIDE, diketahui bahwa penumpang belum sepenuhnya puas dengan layanan yang diterima yang dapat dilihat dari nilai rata-rata gap pada hasil analisis kuesioner penumpang dan pengemudi yang bertanda negatif yaitu -0,16 dan -0,15. yang menunjukkan bahwa pelayanan GORIDE masih belum memenuhi harapan penumpang. Untuk itu pihak GO-JEK selaku penyedia jasa moda tansportasi online GO-RIDE perlu memperbaiki dan meningkatkan faktor atau bagian yang perlu mendapat perhatian lebih menurut penumpang maupun pengemudi seperti jaminan keamanan dan kenyamanan layanan, pembagian pelindung seperti masker kepada konsumen, aplikasi yang mudah error, kejelasan rute perjalanan sesuai panduan aplikasi GO-JEK, kemampuan aplikasi dan kecepatan driver dalam menerima order serta keterlambatan driver dalam penjemputan. Pihak GO-JEK juga harus mempertahankan faktor atau bagian yang telah memenuhi kepuasan/harapan penumpang seperti kemampuan driver dalam menyelesaikan masalah yang terjadi selama perjalanan, driver yang tertib berlalu lintas, kemudahan dalam transaksi pembayaran, perlengkapan yang disediakan untuk penumpang serta aplikasi yang mudah digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Transportasi online, Importance Performance Analysis
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Aug 2018 12:44
Last Modified: 16 Aug 2018 12:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15500

Actions (login required)

View Item View Item