ANALISIS KINERJA TERMINAL CICAHEUM KOTA BANDUNG

Suranto, Rangga Bayu (2018) ANALISIS KINERJA TERMINAL CICAHEUM KOTA BANDUNG. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS149560.pdf

Download (751kB)
[img] Text (BAB I)
TS149561.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB II)
TS149562.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB III)
TS149563.pdf

Download (589kB)
[img] Text (BAB IV)
TS149564.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB V)
TS149565.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
TS149566.pdf

Download (5MB)

Abstract

Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia dengan jumlah penduduk yang banyak dan tingkat penggunaan kendaraan pribadi yang besar. Bandung juga merupakan kota wisata yang sering dikunjungi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri sehingga pada akhir pekan maupun hari libur panjang terjadi peningkatan jumlah kendaraan. Jumlah pendatang baru yang menetap di kota Bandung juga akan terus meningkat. Terminal merupakan bagian dari prasarana transportasi yang merupakan simpul sistem transportasi, sebagai sistem transportasi maka fungsi terminal harus di tempatkan pada prioritas utama. Untuk meningkatkan jumlah pemakaian kendaraan umum dibutuhkan terminal yang dapat melayani tranportasi dengan baik. Penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah Terminal Cicaheum masih dapat melayani kendaraan umum yaitu Bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP), Angkutan Kota (ANGKOT) yang masuk dan keluar terminal. Penelitian ini dilakukan di Terminal Cicaheum kota Bandung dengan metode pengamatan langsung di lapangan dengan menganalisis kinerja terminal. Data yang diambil terbagi atas 2 golongan yaitu data primer berupa time headway (selang waktu antar kendaraan), Waktu tunggu rerata kendaraan (Wtr), luas area parkir kendaraan, dan fasilitas-fasilitas yang dimiliki Terminal Cicaheum. Dari hasil penelitian diperoleh nilai time headway dan waktu tunggu rerata untuk Bus AKAP adalah 6,29 menit dan 7,09 menit, Bus AKDP time headway 4,24 menit dan Wtr 9,45 menit, ANGKOT time headway 2,4 menit dan Wtr 13,02 menit, Dari nilai headway rerata didapat luas parkir kendaraan AKAP 52,5 m2, AKDP 60 m2, ANGKOT 75 m2, mobil pribadi 15 m2.Sedangkan untuk analisis menggunakan waktu tunggu rerata terbesar didapat luas ruang parkir sebesar AKAP 105 m2, AKDP 150 m2, ANGKOT 120 m2, mobil pribadi 30 m2. Terminal Cicaheum dengan luas 11.000 m2, mempunyai luas tempat parkir bus (landasan) sebesar 4500 m2 berdasarkan hasil analisis headway dan waktu tunggu rerata terbesar didapatkan bahwa luas parkir saat ini masih mampu menampung kendaraan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat maka terdapat beberapa saran yang diberikan antara lain: perlua adanya perbaikan untuk petunjuk arah jurusan pada setiap jalur bus sehingga penumpang dapat dengan mudah mengetahui bus mana yang akan digunakan, perlu penambahan ruang tunggu penumpang, pengantar, dan/atau penjemput dikarenakan fasilitas ruang tunggu yang sekarang tidak mampu menampung penumpang, pengantar, dan penjemput, terlebih penumpang diakhir pecan maupun hari raya besar, perlu penyediaan fasilitas informasi seperti jadwal kedatangan dan keberangkatan angkutan bus berupa papan informasi, ruang informasi dan pengaduan mengenai petunjuk jurusan, tarif, dan jadwal perjalanan, dan penambahan fasilitas untuk kaum difabel sesuai yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Time Headway, Waktu Tunggu Rerata (Wtr), AKAP, AKDP, ANGKOT, mobil pribadi, fasilitas
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Aug 2018 08:58
Last Modified: 21 Aug 2018 08:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15520

Actions (login required)

View Item View Item