PENGARUH KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF TERHADAP KETERIKATAN KARYAWAN DENGAN DUKUNGAN ORGANISASIONAL YANG DIPERSEPSIKAN SEBAGAI PEMODERASI

Hutagalung, Hanna Rotua (2018) PENGARUH KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF TERHADAP KETERIKATAN KARYAWAN DENGAN DUKUNGAN ORGANISASIONAL YANG DIPERSEPSIKAN SEBAGAI PEMODERASI. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
MM024730.pdf

Download (345kB)
[img] Text (BAB I)
MM024731.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB II)
MM024732.pdf

Download (368kB)
[img] Text (BAB III)
MM024733.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB IV)
MM024734.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB V)
MM024735.pdf

Download (458kB)

Abstract

Rasa keterikatan (engagement) yang tinggi terhadap pekerjaan akan membuat guru menikmati pekerjaan yang mereka lakukan. Salah satu cara untuk mendorong rasa terikat pada guru adalah dengan menjamin serta meningkatkan kesejahteraan subjektif yang dirasakan oleh guru. Selain itu, masih ada faktor lain yang dapat memengaruhi keterikatan guru dengan pekerjaannya, yaitu dukungan organisasional yang dipersepsikan. Jika guru merasa bahwa dukungan organisasional yang diterimanya tinggi, maka guru tersebut akan menyatukan keanggotaan sebagai anggota organisasi ke dalam identitas dirinya dan kemudian mengembangkan hubungan dan persepi yang lebih positif terhadap organisasi tersebut. Penelitian ini dilakukan pada Guru SMA Swasta di Kota Yogyakarta yaitu pada 227 responden yang telah bekerja minimal dua tahun pada institusi pendidikan tempatnya bekerja. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh kesejahteraan subjektif terhadap keterikatan guru serta untuk menguji efek moderasi dari dukungan organisasional yang dipersepsikan dalam hubungan kausal antara kesejahteraan subjektif guru dengan keterikatan guru. Metode penentuan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi MRA (Moderating Regression Analysis). Hasil penelitian memberikan informasi bahwa kesejahteraan subjektif memberikan pengaruh yang positif terhadap keterikatan guru serta dukungan organisasional yang dipersepsikan memiliki pengaruh yang signifikan pada hubungan kausal antara kesejahteraan subjektif guru terhadap keterikatan guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan subjektif, keterikatan karyawan, dukungan organisasional yang dipersepsikan.
Subjects: Magister Manajemen > Sumber Daya Manusia
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Aug 2018 08:17
Last Modified: 29 Aug 2018 08:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15574

Actions (login required)

View Item View Item