FENOMENA JOB CRAFTING PADA KARYAWAN GENERASI Y: MOTIF DAN STRATEGI PELAKU

ADITYA, ALBERTUS PANDU (2018) FENOMENA JOB CRAFTING PADA KARYAWAN GENERASI Y: MOTIF DAN STRATEGI PELAKU. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
MM025170.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
MM025171.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB II)
MM025172.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB III)
MM025173.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB IV)
MM025174.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB V)
MM025175.pdf

Download (421kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dan strategi karyawan generasi Y dalam melakukan Job Crafting. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan wawancara mendalam untuk melakukan pengumpulan data. Informan yang terlibat berjumlah 6 (enam) orang dari tiap perusahaan yang bergerak pada industri jasa di Indonesia, antara lain: jasa periklanan, komunikasi, perbankan, pertelevisian, transportasi, dan hotel. Para informan dipilih sesuai kriteria sebagai berikut: generasi Y (usia 23-27 tahun), level staff, telah bekerja kurang lebih selama 2 (dua) tahun, dan tentunya melakukan Job Crafting. Setelah analisis data penelitian menggunakan metode Miles & Huberman, ditemukan hasil bahwa terdapat 7 (tujuh) motif, antara lain: otonomi kerja, kesesuaian dengan passion, makna kerja, kepastian kerja, dukungan kerja, keseimbangan hidup, dan penghargaan diri. Ketujuh motif tersebut menjadi alasan dasar untuk melakukan Job Crafting. Dari tiap bentuk perilaku, ditemukan 2 (dua) hingga 3 (tiga) strategi yang dilakukan. Pada Bentuk tugas (task), strategi yang dilakukan antara lain: penambahan tugas, pengorbanan materi, dan perubahan desain kerja. Dalam hal relasi (relation), strategi yang dilakukan: Menambah dan memperdalam relasi. Terakhir, dalam hal kognitif (cognitive), strategi yang dilakukan: pemaknaan kerja, berpikir realistis, dan pencapaian. Perilaku Job Crafting dilakukan sesuai dengan motif yang mereka miliki masing-masing. Mereka melakukan 1 (satu) strategi, atau mengombinasikan dengan strategi lain. Proses kombinasi tersebut merupakan tahapan, sehingga menimbulkan rangsangan (motif baru) perilaku selanjutnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Job Crafting, Generasi Y, Motif, Strategi, Indonesia
Subjects: Magister Manajemen > Sumber Daya Manusia
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Aug 2018 08:32
Last Modified: 29 Aug 2018 08:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15575

Actions (login required)

View Item View Item