Dewa, Bala Putra (2018) PENGUKURAN USABILITY LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PADA APLIKASI E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION. S2 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
MTF025950.pdf Download (640kB) |
|
Text (BAB I)
MTF025951.pdf Download (72kB) |
|
Text (BAB II)
MTF025952.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB III)
MTF025953.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB IV)
MTF025954.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) |
|
Text (BAB V)
MTF025955.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
Text (BAB VI)
MTF025956.pdf Download (258kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi usability pada learning management system (LMS) pada aplikasi e-learning berbasis Moodle yang diterapkan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Penelitian ini juga menggunakan evaluasi heuristik sebagai metode penelitian. Selain menggunakan metode tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan Structural Equation Model (SEM) dalam mengolah data yang didapatkan dari kuesioner dari pengguna sistem. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi WarpPLS yang bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel berdasarkan dimensi e-learning. Hasil utama dari penelitian ini adalah hubungan antar variabel e-learning. Selain itu, mengidentifikasi variabel yang perlu diperbaiki. Data yang didapatkan dari penelitian berasal dari kuesioner yang bersifat kualitatif terhadap pengguna sistem secara langsung. Berdasarkan studi literatur, penelitian ini merupakan penelitian pertama yang mengukur usability dan menggunakan metode evaluasi heuristik dengan studi kasus pada Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning management system, usability, evaluasi heuristic, e-learning |
Subjects: | Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 30 Aug 2018 12:15 |
Last Modified: | 30 Aug 2018 12:15 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15605 |
Actions (login required)
View Item |