W. , Caecilia Shandy Nathalia (2007) USULAN PERBAIKAN MAIN BEARING CASE MESIN DIESEL KUBOTA SERI RD-75 DIH-1. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TI03230.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TI03230.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TI03230.pdf Download (79kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TI03230.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
Text (Bab IV)
4TI03230.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text (Bab V)
5TI03230.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TI03230.pdf Download (679kB) | Preview |
Abstract
Line MBC, Crank Shaft merupakan stasiun Bottleneck di Assembling Shop PT. Kubota Indonesia. Waktu perakitan di line ini menjadi waktu siklus. Waktu ini dirasa kurang optimal. Pengoptimalan Waktu perakitan dapat dilakukan dengan melakukan Design For Assembly. Metode Design For Assembly Boothroyd/Dewhurst adalah salah satu cara memperbaiki suatu desain untuk meningkatkan efisiensi perakitan dan pengurangan waktu perakitan yang signifikan. Di Tugas akhir ini digunakan juga pendekatan metode Rasional untuk membantu proses perancangan. Berdasarkan analisis DFA Boothroyd dan Dewhurst part yang dapat dirancang ulang adalah Bearing Case dan Seal Cover. Dan dari Pendekatan Metode Rasional diperoleh alternatif rancangan gabungan antara Bearing Case dan Seal Cover yang disebut dengan Main Bearing Case. Selain itu rancangan ini juga mengurangi jumlah Bolt yang digunakan. Antara Perakitan Rancangan semula dan Perakitan Rancangan usulan diperoleh selisih waktu sebesar 17,96% dan perubahan biaya perakitan dari Rp. 2024,80 menjadi Rp. 1809,90 untuk tiap produk di Main Line MBC, Crank Shaft.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 21 May 2013 09:44 |
Last Modified: | 21 May 2013 09:44 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1566 |
Actions (login required)
View Item |