GAYA MANAJEMEN KONFLIK DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL BEDA BUDAYA (Studi Kasus Pemilihan Gaya Manajemen Konflik dalam Komunikasi Interpersonal Antara Etnis Tionghoa dengan Etnis Non Tionghoa di SMA Sutomo 2 Medan)

PERANGIN-ANGIN, PETHRESIA ADHITIA BR. (2018) GAYA MANAJEMEN KONFLIK DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL BEDA BUDAYA (Studi Kasus Pemilihan Gaya Manajemen Konflik dalam Komunikasi Interpersonal Antara Etnis Tionghoa dengan Etnis Non Tionghoa di SMA Sutomo 2 Medan). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PETHRESIA ADHITIA BR. PERANGIN-ANGIN)
KOM05051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan proses pembagian pesan dan penerimaan pesan antara dua orang dengan berbagai dampak dan peluang untuk memberikan feedback (umpan balik). Komunikasi interpersonal yang terjadi diantara dua orang yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda disebut dengan komunikasi interpersonal beda budaya. Dalam komunikasi interpersonal beda budaya tersebut, konflik menjadi hal yang tidak dapat dihindari dan konflik juga dipandang sebagai bagian penting dalam tahap-tahap pengembangan hubungan. Pada saat terjadi konflik antara satu individu dengan individu lainnya yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda, maka dibutuhkan sebuah usaha untuk mengelola konflik tersebut. Usaha dalam mengelola sebuah konflik tersebut disebut dengan gaya manajemen konflik. Pada penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Dengan subyek penelitian yaitu siswa SMA Sutomo 2 Medan yang berasal dari latar belakang budaya Tionghoa dan non Tionghoa. Sedangkan obyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemilihan gaya manajemen konflik antara etnis Tionghoa dengan etnis non Tionghoa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persoalan-persoalan yang terjadi di antara etnis Tionghoa dengan etnis non Tionghoa di SMA Sutomo 2 Medan adalah salah memaknai sebuah pesan, baik itu pesan verbal ataupun pesan nonverbal sehingga hal ini menjadi penyebab timbulnya sebuah konflik. Dalam mengelola sebuah konflik, masing-masing individu memiliki gaya komunikasi sendiri dalam memilih gaya manajemen konflik. Pemilihan gaya manajemen konflik tersebut dipengaruhi oleh budaya masing-masing individu. Perbedaan pemilihan gaya manajemen konflik yang dipilih oleh etnis Tionghoa dengan etnis non Tionghoa berdampak pada hubungan interpersonal mereka yang menjadi semakin dekat ataupun menjadi semakin menjauh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi interpersonal beda budaya, konflik, gaya manajemen konflik
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 10:07
Last Modified: 05 Sep 2018 10:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15700

Actions (login required)

View Item View Item