PENGELOLAAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK OLEH PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA

Prajwalitha, Putri Ayutya (2018) PENGELOLAAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK OLEH PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PUTRI AYUTYA PRAJWALITHA)
KOM05123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Layanan Informasi Publik PPID merupakan wujud implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, di mana setiap orang berhak untuk memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan mereka berkewajiban menyediakan dan melayani permintaan informasi publik yang di bawah kewenangannya kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengelolaan pelayanan informasi publik yang dilakukan oleh bagian Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pendekatan penelitian ini secara kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data wawancara dengan 4 informan yaitu Kepala Subbidang Media Online, dan tiga orang Staff Pelayanan Informasi PPID Kementerian Komunikasi dan Informatika di lingkungan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Pejabat Fungsional Kemkominfo. Hasil penelitian ini menemukan (1) jenis layanan informasi yang disediakan oleh PPID Kementerian Komunikasi dan Informatika di antaranya adalah layanan informasi terkait profil kominfo, dan program-program. (2) aspek pengelolaan informasi terdiri dari (a) alur pengelolaan layanan informasi publik oleh PPID Kementerian Komunikasi dan Informatika yaitu inventarisasi/pengumpulan, pengklasifikasian informasi, pendokumentasian dan layanan; (b) penyediaan informasi publik dan Sistem Pengumpulan Informasi Publik di PPID Kementerian Komunikasi dan Informatika telah dijelaskan di dalam website resmi Kominfo http://ppid.kominfo.go.id.; (c) sistem klasifikasi informasi di PPID Kementerian Komunikasi dan Informatika yaitu PPID membagi informasi publik atas 2 (dua) kategori, yaitu informasi yang wajib disediakan/diumumkan secara dan informasi yang dikecualikan. (3) aspek penyampaian informasi terdiri dari (a) media penyampaian yang digunakan PPID Kementerian Komunikasi dalam rangka mengelola layanan Informasi Publik yaitu website atau email dan (b) kendala yang terjadi dalam pengelolaan layanan informasi publik di PPID Kementerian Komunikasi dan Informatika yaitu mulai dari masuknya informasi, pemilihan dan pengolahan informasi hingga ke penyaluran informasi publik yang ada. Kendala dari luar organisasi adalah sulitnya mendeteksi identitas pemohon secara jelas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: badan publik, layanan informasi publik, komunikasi publik
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 10:14
Last Modified: 05 Sep 2018 10:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15702

Actions (login required)

View Item View Item