STRATEGI KOMUNIKASI IKPMDI-YK DALAM MENGKAMPANYEKAN TOLERANSI ANTARBUDAYA DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Konflik Antarbudaya antara Mahasiswa Papua dengan Masyarakat Yogyakarta di Asrama Mahasiswa Papua Kamasan Yogyakarta Tahun 2016)

Pinaria, Alfaro Romario Junior (2018) STRATEGI KOMUNIKASI IKPMDI-YK DALAM MENGKAMPANYEKAN TOLERANSI ANTARBUDAYA DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Konflik Antarbudaya antara Mahasiswa Papua dengan Masyarakat Yogyakarta di Asrama Mahasiswa Papua Kamasan Yogyakarta Tahun 2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Alfaro Romario Junior Pinaria)
KOM05438.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Konflik antarbudaya pernah terjadi di Yogyakarta pada tahun 2016. Pada konflik tersebut ormas-ormas Yogyakarta melakukan aksi pengepungan pada asrama mahasiswa Papua Kamasan. Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Indonesia Yogyakarta atau IKPMDI-YK selaku induk organisasi dari organisasi mahasiswa daerah di Yogyakarta yang membawahi seluruh organisasi mahasiswa daerah dari 34 provinsi di Indonesia memiliki strategi komunikasi khusus sebagai respon dari konflik tersebut. Peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui strategi komunikasi IKPMDI-YK dalam mengkampanyekan toleransi antarbudaya di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah ketua IKPMDI-YK periode 2016-2017 dan 2017-2018 dan pengurus asrama mahasiswa Papua Kamasan Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Kasus yang diambil peneliti dalam penelitian ini adalah konflik antarbudaya. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teori komunikasi Laswell dan komunikasi antarbudaya yang diturunkan ke dalam dua konsep yaitu strategi komunikasi dan juga kampanye. Strategi komunikasi IKPMDI-YK dilaksanakan dalam bentuk aksi komunikasi yaitu kampanye. Kampanye tersebut digunakan untuk mengkomunikasikan toleransi antarbudaya di Yogyakarta. Kampanye tersebut dibagi menjadi dua rangkaian acara yaitu diskusi publik dan pemasangan spanduk. Kampanye toleransi antarbudaya yang dilakukan IKPMDI-YK juga memiliki hasil yang berdampak pada penyelesaian konflik dan toleransi antarbudaya di Yogyakarta. Untuk acara diskusi publik, IKPMDI-YK berhasil menjadi wadah untuk mediasi antara IKPM Papua dengan Pemda DIY yang berdampak pada keaktifan IKPM Papua dalam kegiatan-kegiatan budaya IKPMDI-YK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Kampanye, Toleransi Antarbudaya
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:08
Last Modified: 06 Sep 2018 08:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15720

Actions (login required)

View Item View Item