PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM TRANSAKSI JUAL BELI MOBIL BEKAS (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Komunikasi Interpersonal dalam Transaksi Jual Beli Mobil Bekas di Carsentro Yogyakarta)

ANGGRAINI, WENNY (2018) PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM TRANSAKSI JUAL BELI MOBIL BEKAS (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Komunikasi Interpersonal dalam Transaksi Jual Beli Mobil Bekas di Carsentro Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (WENNY ANGGRAINI)
KOM04980.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses komunikasi interpersonal dalam transaksi jual beli mobil di Carsentro Yogyakarta. Menurut Schramm (Effendy, 2005:304), konsep AIDDA dalam komunikasi adalah peran komunikator sebagai penyampai pesan berperan penting. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu mengenai proses komunikasi yang terjadi di Carsentro Yogyakarta dalam transaksi jual beli mobil bekas. Penelitian ini menggunakan konsep AIDDA, bauran promosi, dan faktor efektivitas komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana proses komunikasi interpersonal di Carsentro Yogyakarta dalam transaksi jual beli mobil. Penelitian ini dilakukan dengan jenis kualitatif dengan analisis bersifat deskriptif, dengan objek penelitian Carsentro di Yogyakarta. Narasumber penelitian adalah pengurus dari Carsentro Yogyakarta, sales dealer, pembeli/konsumen, dan penjual. Dalam analisis data digunakan adalah konsep AIDDA proses komunikasi , penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa proses komunikasi di Carsentro Yogyakarta terdapat tiga jenis proses. Proses yang terjadi yaitu antara Sales dealer, konsumen, dan penjual. Ketika yang memulai sales dealer, maka pesan yang dikirim pertama kali oleh sales dealer. Sales dealer, konsumen, dan penjual bisa menjadi pengirim pesan ataupun sebagai penerima pesan. Kesimpulan dari saran penelitian proses komunikasi interpersonal yang sesuai dengan konsep AIDDA dalam bauran promosi akan meningkatkan interaksi ketika terjadi proses komunikasi dalam transaksi jual beli antara sales dealer dengan penjual ataupun pembeli. Keberhasilan proses komunikasi dapat dilihat melalui faktor keterbukaan dalam komunikasi. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa seharusnya dalam proses komunikasi jual beli, konsumen juga harus cerdas memilih dan bertanya kepada sales dealer agar meningkatkan interaksi antara pembeli dan sales dealer sehingga menjadi perangsang komunikasi yang membawa transaksi pembelian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: proses komunikasi, komunikasi interpersonal, AIDDA, bauran promosi, efektivitas komunikasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 09:07
Last Modified: 06 Sep 2018 09:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15736

Actions (login required)

View Item View Item