DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN (Studi Kasus pada Rapat Perdana Menyambut HUT ke-51 Seka Teruna-Teruni Satya Dharma, Bali)

DEWI, IDA AYU TRI SUKMA (2018) DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN (Studi Kasus pada Rapat Perdana Menyambut HUT ke-51 Seka Teruna-Teruni Satya Dharma, Bali). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (IDA AYU TRI SUKMA DEWI)
KOM04741.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Seka Teruna-Teruni Satya Dharma merupakan kelompok sosial di Bali yang hidup berlandaskan nilai kearifan lokal, yaitu menyama braya. Objek penelitian terkait hal ini adalah rapat perdana persiapan dalam menyambut HUT ke-51 tahun. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dinamika komunikasi kelompok dalam proses pengambilan keputusan berdasarkan groupthink theory dan mengidentifikasi aspek-aspek yang membentuk dinamika komunikasi kelompok, yaitu aspek budaya dan peran tugas dilihat melalui aktivitas pemimpin. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode yang digunakan adalah studi kasus yang menampilkan rapat perdana dalam menyambut HUT ke -51 tahun Seka Teruna-Teruni Satya Dharma. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Dari teknik pengumpulan data tersebut mendapatkan hasil penelitian berupa dinamika komunikasi kelompok dalam pengambilan keputusan di rapat perdana yang menunjukan beberapa gejala groupthink dan aspek budaya tergambar melalui motivasi, identifikasi, dan manager. Selain itu juga peran pemimpin tergambar melalui aktivitas yang dilakukan, seperti social leadership (memfokuskan pada emosional interaksi kelompok) dan task leadership (fokus pada tugas demi pencapaian). Kesimpulan dari penelitian ini adalah groupthink menjadi teori yang relevan dalam penelitian kelompok yaitu, adanya individu yang tergabung terlibat dalam kumpulan kohesif dan pada tahapan pengambilan keputusan kelompok ST. Satya Dharma melewati empat fase seperti diungkapkan oleh Fisher.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Seka Teruna-Teruni Satya Dharma merupakan kelompok sosial di Bali yang hidup berlandaskan nilai kearifan lokal, yaitu menyama braya. Objek penelitian terkait hal ini adalah rapat perdana persiapan dalam menyambut HUT ke-51 tahun. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dinamika komunikasi kelompok dalam proses pengambilan keputusan berdasarkan groupthink theory dan mengidentifikasi aspek-aspek yang membentuk dinamika komunikasi kelompok, yaitu aspek budaya dan peran tugas dilihat melalui aktivitas pemimpin. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode yang digunakan adalah studi kasus yang menampilkan rapat perdana dalam menyambut HUT ke -51 tahun Seka Teruna-Teruni Satya Dharma. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Dari teknik pengumpulan data tersebut mendapatkan hasil penelitian berupa dinamika komunikasi kelompok dalam pengambilan keputusan di rapat perdana yang menunjukan beberapa gejala groupthink dan aspek budaya tergambar melalui motivasi, identifikasi, dan manager. Selain itu juga peran pemimpin tergambar melalui aktivitas yang dilakukan, seperti social leadership (memfokuskan pada emosional interaksi kelompok) dan task leadership (fokus pada tugas demi pencapaian). Kesimpulan dari penelitian ini adalah groupthink menjadi teori yang relevan dalam penelitian kelompok yaitu, adanya individu yang tergabung terlibat dalam kumpulan kohesif dan pada tahapan pengambilan keputusan kelompok ST. Satya Dharma melewati empat fase seperti diungkapkan oleh Fisher. Kata kunci: menyama braya, dinamika komunikasi kelompok, pengambilan keputusan, groupthink theory.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Sep 2018 08:55
Last Modified: 10 Sep 2018 08:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15844

Actions (login required)

View Item View Item