FUNGSI KOMUNIKASI MASSA PADA PEMBERITAAN KANKER PAYUDARA DI MEDIA ONLINE (Analisis Isi Pemberitaan Kanker Payudara di NOVA Online periode 2016 – Oktober 2017)

PRATIWI, YOHANA TIKA (2018) FUNGSI KOMUNIKASI MASSA PADA PEMBERITAAN KANKER PAYUDARA DI MEDIA ONLINE (Analisis Isi Pemberitaan Kanker Payudara di NOVA Online periode 2016 – Oktober 2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (YOHANA TIKA PRATIWI)
KOM04827.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Komunikasi massa adalah penyebaran informasi yang dilakukan secara masal atau melibatkan audiens yang besar. Dalam komunikasi massa terdapat fungsi yang berusaha dimunculkan oleh pelaku media. Joseph R. Dominick menyebutkan fungsi tersebut adalah surveillance, interpretation, linkage, transmission of values, dan entertainment. Fungsi tersebut menunjukkan tujuan yang ingin dicapai dari pelaku media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah, yakni bagaimana penerapan fungsi komunikasi massa pada artikel kanker payudara di halaman NOVA online. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan metode analisis isi dengan menggunakan 58 sampel artikel kanker NOVA online periode Oktober 2016 – Oktober 2017. Hasil penelitian menunjukkan jika selama periode tersebut, NOVA online belum maksimal dalam menerapkan fungsi yang dikemukakan oleh Dominick. Namun jika merujuk pada tanggung jawab sosial pers, NOVA online cukup baik. Artikel yang disampaikan NOVA online dapat dijadikan sebagai solusi dari permasalahan yang ada, yakni kanker payudara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Komunikasi Massa, Kanker Payudara, NOVA online
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Sep 2018 09:15
Last Modified: 10 Sep 2018 09:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15848

Actions (login required)

View Item View Item