PENGARUH KESEHATAN YANG DIRASKAN (PERCEIVED HEALTH) DAN KEKAYAAN YANG DIRASAKAN (PERCEIVED WEALTH) TERHADAP KEINGINAN UNTUK PENSIUN DINI (EARLY RETIREMENT)) PADA KARYAWAN YAYASAN MARSUDIRINI YOGYAKARTA

Sidabutar, Petro Nataela (2018) PENGARUH KESEHATAN YANG DIRASKAN (PERCEIVED HEALTH) DAN KEKAYAAN YANG DIRASAKAN (PERCEIVED WEALTH) TERHADAP KEINGINAN UNTUK PENSIUN DINI (EARLY RETIREMENT)) PADA KARYAWAN YAYASAN MARSUDIRINI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Petro Nataela Sidabutar)
EM21571.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh kesehatan yang dirasakan dan kekayaan yang dirasakan terhadap keinginan untuk pensiun dini di Yayasan Marsudirini Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan tetap yagn terdiri dari guru dan pegawai yang sudah memiliki masa kerja minimal 10 tahun dan berusia antara 35-56 tahun yang berjumlah 48 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang di sebar langsung pada karyawan. Dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif pada setiap variabel untuk mengetahui tingkat respon yang diberikan responden terhadap variabel-variabel yang terkait dalam penelitian ini. Hasil analisis deskripif variabel terlihat bahwa nilai mean variabel pensiun dini termasuk dalam kategori yang tinggi, sedangkan nilai mean dari kesehatan dan kekayaan yang dirasakan termasuk dalam kategori sedang pada karyawan Yayasan Marsudirini Yogyakarta. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda tujuannya untuk melihat pengaruh variabel kesehatan dan kekayaan yang dirasakan terhadap keinginan untuk pensiun dini. Hasil dari analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel kesehatan yang dirasakan (perceived health) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keinginan untuk pensiun dini (early retirement). Variabel kekayaan yang dirasakan (perceived wealth) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keinginan untuk pensiun dini (early retirement).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: retirement, early retirement, perceived health, perceived wealth, dan uji regresi linear berganda.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Sep 2018 09:42
Last Modified: 10 Sep 2018 09:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15856

Actions (login required)

View Item View Item