UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SENI UKIR SUKU KAMORO SEBAGAI EKSPRESI BUDAYA TRADISIONAL DI KABUPATEN MIMIKA PROVINSI PAPUA

SESA, BENNY ANDHIKA (2018) UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SENI UKIR SUKU KAMORO SEBAGAI EKSPRESI BUDAYA TRADISIONAL DI KABUPATEN MIMIKA PROVINSI PAPUA. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
MIH024490.pdf

Download (967kB)
[img] Text (BAB I)
MIH024491.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB II)
MIH024492.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB III)
MIH024493.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (BAB IV)
MIH024494.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB V)
MIH024495.pdf

Download (144kB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Seni Ukir Suku Kamoro Di Kabupaten Mimika Provinsi Papua”. Tesis dengan judul tersebut bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana upaya perlindungan hukum terhadap seni ukir suku Kamoro sebagai ekspresi budaya tradisional di Kabupaten Mimika Provinsi Papua serta mengetahui dan mengkaji bagaimana tanggung jawab Negara sebagai pihak yang diberi wewenang oleh Undang-Undang sebagai pemegang hak ekspresi budaya tradisional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian empiris dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan sosiologi hukum. Sumber data berupa data primer dan data sekunder yang terdiri atas bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier yang dianalisis dengan menggunakan metode analisis hukum. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi pustaka. Proses berpikir induktif digunakan untuk menarik kesimpulan. Teori perlindungan hukum dan teori politik hukum digunakan untuk menganalisis dan mengkaji hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika belum melaksanakan upaya perlindungan hukum terhadap ekspresi budaya tradisional seni ukir suku Kamoro dengan baik, serta tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika sebagai pihak yang diberi wewenang Undang-Undang saat ini yang dilakukan hanya memperkenalkan atau mempromosikan seni ukir suku Kamoro baik yang dilaksanakan di dalam negeri maupun di luar negeri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Suku Kamoro, Ekspresi Budaya Tradisional
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Hukum Bisnis
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Sep 2018 09:29
Last Modified: 19 Sep 2018 09:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15909

Actions (login required)

View Item View Item