Anggraini, Agustina Kiky (2007) ANALISIS PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGER (CRM) (Studi Kasus di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TI03678.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TI03678.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TI03678.pdf Download (73kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TI03678.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
||
Text (Bab IV)
4TI03678.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
Text (Bab V)
5TI03678.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TI03678.pdf Download (834kB) | Preview |
Abstract
Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi bisnis yang tidak hanya meningkatkan volume transaksi,j. tetapi meningkatkan keuntungan, pendapatan, dan kepuasan konsumen. Tujuan penerapan CRM adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan menciptakan keintiman dengan pelanggan. Rumah Sakit Panti Rapih merupakan salah satu rumah sakit swasta besar di Yogyakarta. Seiring bertambahnya penduduk, kebutuhan jasa pelayanan kesehatan pun semakin berkembang. Banyak rumah sakit yang tumbuh di Yogyakarta, sehingga menyebabkan semakin ketatnya persaingan antar rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menilai penerapan strategi CRM di Rumah Sakit Panti Rapih dan untuk mendapatkan prioritas langkah perbaikan yang dapat dilakukan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Rumah Sakit Panti Rapih telah menerapkan CRM meskipun masih terdapat beberapa kekurangan. Prioritas langkah yang dapat dilakukan adalah memperhatikan hak pasien dan keluarga dengan tidak memaksakan suatu tindakan medis yang memang tidak dikehendaki, memberi sapaan menyenangkan dan ramah (misal memanggil orang tua dengan sebutan eyang), memberi tindakan yang benar-benar dibutuhkan pasien (tidak melayani permintaan yang tidak wajar misal operasi pergantian kelamin), dengan prosentase 3.37%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 22 May 2013 08:15 |
Last Modified: | 22 May 2013 08:15 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1599 |
Actions (login required)
View Item |