ANALISIS PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGER (CRM) (Studi Kasus di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta)

Anggraini, Agustina Kiky (2007) ANALISIS PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGER (CRM) (Studi Kasus di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TI03678.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TI03678.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TI03678.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TI03678.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (Bab IV)
4TI03678.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (Bab V)
5TI03678.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TI03678.pdf

Download (834kB) | Preview

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi bisnis yang tidak hanya meningkatkan volume transaksi,j. tetapi meningkatkan keuntungan, pendapatan, dan kepuasan konsumen. Tujuan penerapan CRM adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan menciptakan keintiman dengan pelanggan. Rumah Sakit Panti Rapih merupakan salah satu rumah sakit swasta besar di Yogyakarta. Seiring bertambahnya penduduk, kebutuhan jasa pelayanan kesehatan pun semakin berkembang. Banyak rumah sakit yang tumbuh di Yogyakarta, sehingga menyebabkan semakin ketatnya persaingan antar rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menilai penerapan strategi CRM di Rumah Sakit Panti Rapih dan untuk mendapatkan prioritas langkah perbaikan yang dapat dilakukan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Rumah Sakit Panti Rapih telah menerapkan CRM meskipun masih terdapat beberapa kekurangan. Prioritas langkah yang dapat dilakukan adalah memperhatikan hak pasien dan keluarga dengan tidak memaksakan suatu tindakan medis yang memang tidak dikehendaki, memberi sapaan menyenangkan dan ramah (misal memanggil orang tua dengan sebutan eyang), memberi tindakan yang benar-benar dibutuhkan pasien (tidak melayani permintaan yang tidak wajar misal operasi pergantian kelamin), dengan prosentase 3.37%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 May 2013 08:15
Last Modified: 22 May 2013 08:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item