PENGGUNAAN BAKTERIOSIN DARI ISOLAT BAKTERI ASAM LAKTAT ASINAN BOGOR SEBAGAI BIOPRESERVATIF NIRA KELAPA (Cocos nucifera L.) SELAMA PENYADAPAN

Gurusinga, Friscasari Febriani (2018) PENGGUNAAN BAKTERIOSIN DARI ISOLAT BAKTERI ASAM LAKTAT ASINAN BOGOR SEBAGAI BIOPRESERVATIF NIRA KELAPA (Cocos nucifera L.) SELAMA PENYADAPAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Friscasari Febriani Gurusinga)
BL01525.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nira kelapa merupakan bahan baku utama dalam proses pembuatan gula kelapa. Kandungan gula yang cukup tinggi (14-15%) menyebabkan nira kelapa rentan terhadap kerusakan. Kerusakan nira kelapa dapat disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme indigenous nira kelapa maupun kontaminasi dari lingkungan selama masa penyadapan. Pengawetan yang selama ini digunakan adalah penambahan laru kapur pada nira kelapa. Kelemahan laru adalah tidak memiliki standar konsentrasi yang baku sehingga kualitas nira tidak stabil. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan pengawet nira kelapa dengan standar konsentrasi yang baku dan aman, yaitu menggunakan bakteriosin dari isolat bakteri asam laktat AB3 yang diisolasi dari Asinan Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bakteriosin dari isolat bakteri asam laktat Asinan Bogor dalam mengurangi jumlah mikroorganisme perusak nira serta mempertahankan kualitas nira secara kimiawi maupun fisik. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak faktorial dengan dua faktor yaitu faktor konsentrasi bakteriosin (0, 20, 30, dan 40 %) dan faktor lama penyadapan (5 dan 10 jam). Tahapan utama penelitian ini yaitu penyegaran isolat AB3, karakterisasi isolat AB3, produksi ekstrak bakteriosin kasar, purifikasi parsial bakteriosin, optimasi konsentrasi hambat minimal bakteriosin, aplikasi ekstrak bakteriosin pada nira kelapa, uji kualitas nira kelapa (uji fisik, kimia, mikrobiologis, organoleptik). Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan software SPSS versi 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakteriosin dari isolat AB3 secara signifikan mampu mengurangi jumlah mikroorganisme perusak nira dan mempertahankan kualitas nira kelapa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jan 2019 04:33
Last Modified: 24 Jan 2019 04:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16127

Actions (login required)

View Item View Item