APLIKASI BAKTERIOSIN DARI ISOLAT BAKTERI ASAM LAKTAT BUAH KEPEL SEBAGAI BIOPRESERVATIF UNTUK PENINGKATAN KUALITAS NIRA KELAPA (Cocos nucifera)

Pujaningwang, Cicilia Kris (2018) APLIKASI BAKTERIOSIN DARI ISOLAT BAKTERI ASAM LAKTAT BUAH KEPEL SEBAGAI BIOPRESERVATIF UNTUK PENINGKATAN KUALITAS NIRA KELAPA (Cocos nucifera). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Cicilia Kris Pujaningwang)
BL01548.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nira merupakan cairan bening dengan rasa manis yang diperoleh dengan cara penyadapan dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan gula, Syarat nira yang baik, yaitu memiliki rasa manis, aroma khas nira serta tidak berbuih atau berlendir. Kandungan sukrosa yang cukup tinggi pada nira, yaitu sekitar 12,30-17,40 %, memudahkan mikroorganisme untuk melakukan proses fermentasi. Oleh karena itu, diperlukan suatu pengawet alami yang mampu mempertahankan mutu nira selama penyadapan yaitu menggunakan bakteriosin yang berasal dari isolat bakteri asam laktat (BAL) buah kepel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan bakteriosin dari isolat BAL buah kepel sebagai biopreservatif nira kelapa dan menentukan konsentrasi bakteriosin paling optimal untuk mempertahankan kualitas nira kelapa. Rancangan percobaan yang dilakukan pada penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan menggunakan 2 faktor, yaitu faktor penambahan konsentrasi bakteriosin dan lama penyadapan. Masing-masing perlakuan dilakukan 3 kali ulangan. Nira kelapa akan diberikan 4 perlakuan, yaitu perlakuan kontrol, penambahan ekstrak kasar bakteriosin dengan konsentrasi 30 %, 40 % dan 50 % serta pada masing-masing perlakuan dilakukan penyadapan selama 5 jam dan 10 jam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi 8 tahapan, yaitu penyegaran isolat BAL; karakterisasi BAL; produksi ekstrak kasar bakteriosin; uji kualitatif bakteriosin; uji konsentrasi hambat minimum (KHM) dengan metode dilusi cair; uji kimia, fisik, mikrobiologi dan organoleptik nira kelapa serta analisis data. Penggunaan bakteriosin dari mampu digunakan sebagai biopreservatif pada nira kelapa dan konsentrasi bakteriosin dari isolat BAL buah kepel yang paling optimal untuk mempertahankan kualitas nira kelapa adalah dengan penambahan ekstrak kasar bakteriosin dengan konsentrasi sebesar 30 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jan 2019 04:48
Last Modified: 24 Jan 2019 04:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16133

Actions (login required)

View Item View Item