Strategi Membangun Kesamaan dalam Mendapatkan Penerimaan dari Mitra Kerjasama (Studi Kasus: Kerjasama Yayasan Tahija dengan Tim EDP Yogyakarta)

Rejeki, MC. Ninik Sri and Negoro, Sherly Hindra (2018) Strategi Membangun Kesamaan dalam Mendapatkan Penerimaan dari Mitra Kerjasama (Studi Kasus: Kerjasama Yayasan Tahija dengan Tim EDP Yogyakarta). In: Conference on Media, Communication, and Sociology (COMICOS) 2018 INOVASI, KOMUNIKASI, KOLABORASI: “Strategi dan Kajian Membangun Masyarakat Kreatif di Era Digital”, 29 -30 November 2018, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Strategi Membangun Kesamaan-MC. NINIK & SHERLLY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tulisan ini bertolak dari penelitian yang mengkaji strategi membangun kesamaan dalam mendapatkan penerimaan dari mitra kerjasama. Komunikasi diperlukan agar program yang dijalankan oleh mitra berlandaskan pada nilai-nilai organisasi (kesetaraan, empati, keragaman). Dalam konteks ini, Yayasan Tahija merupakan organisasi penyandang dana riset dan pengenalan pembasmian nyamuk demam berdarah (DBD) di Yogyakarta (Eliminate Dengue Project Yogyakarta atau EDP-Yogyakarta) yang dilaksanakan oleh Tim EDP Yogyakarta sebagai mitra kerjasama. Yayasan Tahija adalah wadah formal filantropi dari perusahaan Austindo. Pendekatan yang digunakan dalam menjelaskan strategi membangun kesamaan adalah Dramatisme dari Kenneth Burke dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi membangun kesamaan dilakukan dengan visualisasi dan kontekstualisasi kehadiran organisasi di lokasi proyek serta internalisasi nilai organisasi pada pihak internal dan Tim EDP. Strategi digunakan setelah melalui identifikasi terhadap perbedaan antara yayasan Tahija dengan Tim EDP. Strategi ini merupakan penebusan dalam bentuk pengorbanan yangefektif dalam menjadikan nilai organisasi sebagai landasan kegiatan. Hal ini karena strategi tidak hanya membangun kesamaan namun ada kesetaraan antara organisasi dan mitra kerjasama.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: membangun kesamaan, nilai-nilai organisasi, visualisasi dan kontekstualisasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jan 2019 05:04
Last Modified: 24 Jan 2019 05:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16137

Actions (login required)

View Item View Item