APLIKASI EDIBLE COATING KOMPOSIT PATI GARUT (Marantha arundinacea) DAN ASAM STEARAT YANG DITAMBAHKAN MINYAK ATSIRI KAYU MANIS (Cinnamomum burmanii) PADA KENTANG (Solanum tuberosum L.) POTONG

Puspitasari, Lucia Astri (2018) APLIKASI EDIBLE COATING KOMPOSIT PATI GARUT (Marantha arundinacea) DAN ASAM STEARAT YANG DITAMBAHKAN MINYAK ATSIRI KAYU MANIS (Cinnamomum burmanii) PADA KENTANG (Solanum tuberosum L.) POTONG. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
BL014370.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BL014371.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BL014372.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
BL014373.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text (BAB IV)
BL014374.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BL014375.pdf

Download (853kB) | Preview

Abstract

Kentang merupakan bahan pangan yang rentan mengalami penurunan kualitas apabila mengalami proses pengolahan fisik seperti pemotongan. Penurunan kualitas pada kentang potong yang dapat terjadi adalah perubahan warna kentang potong menjadi coklat (browning), penurunan kadar air, dan tercemar mikroorganisme. Penelitian ini dilakukan dengan untuk mengetahui pengaruh pemberian edible coating terhadap kualitas kentang potong selama penyimpanan serta untuk mengetahui perbedaan kemampuan antara edible coating yang ditambahkan minyak atsiri kayu manis dengan edible coating tanpa minyak atsiri kayu manis dalam mempertahankan kualitas kentang potong selama penyimpanan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktorial dengan dua faktor, yaitu faktor perlakuan (kontrol negatif, kontrol positif, pemberian edible coating tanpa minyak atsiri kayu manis, dan edible coating yang ditambahkan minyak atsiri kayu manis) dan faktor lama penyimpanan (0 - 8 hari) dengan parameter yang diuji yaitu kadar air, kekerasan, warna, angka lempeng total, angka kapang khamir, dan parameter organoleptik yang meliputi warna, tekstur, dan bau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian edible coating tanpa minyak atsiri kayu manis dapat mempertahankan kadar air, kekerasan, perubahan warna, mereduksi angka lempeng total dan angka kapang khamir pada kentang potong.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jan 2019 06:48
Last Modified: 28 Jan 2019 06:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16174

Actions (login required)

View Item View Item