ANALISIS KESELAMATAN LALU LINTAS DI JALAN PEMUDA,KLATEN,JAWA TENGAH

Gian Pennana, Putra (2018) ANALISIS KESELAMATAN LALU LINTAS DI JALAN PEMUDA,KLATEN,JAWA TENGAH. S1 thesis, FAKULTAS TEKNIK.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TS147100.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS147101.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS147102.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TS147103.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TS147104.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB V)
TS147105.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS147106.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Laju pertumbuhan penduduk dan meningkatnya jumlah kendaraan tak dapat dibatasi sehingga semakin besar kebutuhan setiap orang yang hams dipenuhi. Hal ini mengakibatkan bertambahnya kepadatan arus laiu lintas, keadaan ini membuat tak jarang terjadi kepadatan arus lalu lintas pada jam-jam sibuk seperti pagi hari dan sore hari sehingga banyak dari beberapa pengendara yang tidak menaati rambu-rambu lalu lintas dan tidak berhati-hati dalam berkendara yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Oleh sebab itu peran sarana dan prasarana transportasi memplIDyai peranan penting dalam perkembangan arus lalu lintas dimana pertumbuhan sarana dan prasarana jalan harus dapat mengimbangi kepadatan arus lalu lintas di Klaten, Jawa Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai Desember 2017. Data primer yang diglIDakan adalall keadaan fisik dari lokasi penelitian di Jalan Pemuda, Klaten, Jawa Tengall, tata glIDa lahan, fasilitas pelengkap jalan dan pengukuran kecepatan kendaraan saat melintas di Jalan Pemuda, Klaten, Jawa Tengah. Data sekunder diperoleh dari instansi pemerintah yang berhubungan dengan Tugas Akhir yang dibuat, seperti data kecelakaan lau lintas dari Polres Klaten Tahun 2015 dan 2016 serta data geometrik jalan dari DPU Bina Marga Kota Klaten setelah itu dianalisis menggunakan inventarisasi data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa lokasi black spot, terdapat tepat pada Sta 2+700 dengan 12 kejadian. Penyebab kecelakaan lalu lintas paling banyak disebabkan oleh manusia, dimana pengendara memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi diserta dengan dalam kondisi mengantuk atau tidak konsentrasi dalam berkendara sehingga melewati kecepatan rerata yang di rencanakan 40 km/jam. Tipe kejadian kecelakaan yang sering teIjadi selama dua tahun terakhir dari 2015-2016 adalah tipe tabrak depan-samping, depan-belakang dan tabrak samping-samping. penyebabnya adalah beberapa lampu penerangan jalan yang tidak terang karena tertutup pohon dan rusak, jalan yang mulai msak, serta minimnya kesadaran pengendara dalam mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku pada lokasi penelitian, sehingga arus lalu lintas pada Jalan Pemuda, Klaten, Jawa Tengah menjadi tidak teratur.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, black spot, fasilitas pelengkap jalan, kecepatan.
Subjects: Civil Engineering > Transportation
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2019 01:23
Last Modified: 07 Feb 2019 01:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16279

Actions (login required)

View Item View Item