EVALUASI PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI (Studi Kasus : PASAR SERANGAN YOGYAKARTA)

Laurent Yesana Perdana Putra, Sabetu (2018) EVALUASI PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI (Studi Kasus : PASAR SERANGAN YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TS152300.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS152301.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS152302.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TS152303.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TS152304.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB V)
TS152305.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS152306.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yogyakarta sebagai salah kota yang sedang mengalami perkembangan ekonomi dengan bertambahnya kawasan perdagangan dan kawasan pariwisata yang mengakibatkan pertumbuhan kendaraan bermotor dan pejalan kaki yang cukup besar. seperti yang terdapat pada Pasar Serangan Yogyakarta yang merupakan kawasan perdagangan, keberadaan kawasan perdagangan tentunya akan menimbulkan konflik antara pejalan kaki dengan arus lalu lintas sehingga dibutuhkan fasilitas pejalan kaki yang benar-benar bisa melayani para pejalan kaki. Penelitian Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan fasilitas pejalan kaki tehadap pejalan kaki yang berada di kawasan Pasar Serangan Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan evaluasi kondisi eksiting trotoar, pengumpulan data volume pejalan kaki, pengumpulan data volume penyeberang jalan, dan pengumpulan dat volume kendaraan. Data yang sudah dipeoleh kemudian dilakukan pengolahan berdasarkan peraturan-peraturan dan syarat teknis yang berlaku. Dari hasil analisis dan pembahasan data, diperoleh keseluruhan lebar kebutuhan trotoar pada lokasi penelitian lebih kecil dibanding lebar trotoar eksisting sebesar 2,3 m, sehingga trotoar pada lokasi penelitian seharusnya layak untuk melayani pejalan kaki dengan baik. Namun kondisi tersebut tidak terjadi karena adanya pengalihan fungsi jalur pejalan kaki menjadi area berniaga pedagang kaki lima, dan parkir motor. Tingkat pelayanan pada lokasi penelitian masuk kategori tingkat pelayanan standar D. Fasilitas penyeberangan yang semula berupa zebra cross harus ditingkatkan menjadi pelican cross dengan lapak tunggu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: trotoar, pejalan kaki, tingkat pelayanan, zebra cross.
Subjects: Civil Engineering > Transportation
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2019 01:51
Last Modified: 07 Feb 2019 01:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16288

Actions (login required)

View Item View Item