PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA C-C1 BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

KURNIAWAN, JULIANNE ANDREINA (2018) PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA C-C1 BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TA153460.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA153461.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA153462.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TA153463.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TA153464.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TA153465.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TA153466.pdf

Download (47MB) | Preview

Abstract

Sekolah Luar Biasa C-C1 merupakan sarana pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita ringan dan Tunagrahita sedang. Perancangan SLB C-C1 di Kulon Progo ini bertujuan untuk menambah wadah pendidikan bagi ABK Tunagrahita di DIY khususnya Kabupaten Kulon Progo. Latar belakang perancangan ini ditinjau dari peningkatan jumlah anak Tunagrahita di DIY dan keterbatasan fasilitas pendidikan SLB di DIY. Kabupaten Kulon Progo merupakan wilayah yang belum banyak memiliki fasilitas SLB sehingga objek perancangan SLB C-C1 ini terletak di Kulon Progo. SLB C-C1 yang direncanakan di Kulon Progo ini disediakan secara terpadu dengan asrama guna untuk memantau dan mengoptimalkan proses edukasi ABK Tunagrahita sehingga nantinya mampu menyesuaikan diri di kalangan masyarakat dan mampu hidup mandiri. Proses perancangan SLB C-C1 ini menggunakan pendekatan perilaku lingkungan yang disesuaikan dengan karakter dan perilaku ABK Tunagrahita terhadap lingkungannya. ABK Tunagrahita memiliki kelemahan terhadap mentalnya sehingga pendekatan desain perilaku lingkungan dapat menyesuaikan dengan kondisi psikologis ABK Tunagrahita. Lingkungan SLB yang baik untuk proses edukasi ABK Tunagrahita diwujudkan dalam pengolahan desain tata ruang dalam dan tata ruang luar serta penampilan bangunannya. Pencapaian desain untuk mewujudkan SLB C-C1 yang sesuai dengan karakter dan perilaku anak Tunagrahita diantaranya Edukatif, Komunikatif, Rekreatif, Aman, Nyaman, dan Bersahabat. Pencapaian desain tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan proses pendidikan ABK Tunagrahita dan diterapkan pada setiap elemen arsitektural bangunan yang terdapat pada tata ruang dalam, tata ruang luar dan penampilan bangunan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Luar Biasa C-C1, ABK, Tunagrahita, Perilaku, Lingkungan, Edukatif
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2019 02:13
Last Modified: 07 Feb 2019 02:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16293

Actions (login required)

View Item View Item