ANALISIS PERCEPATAN PROYEK MENGGUNAKAN METODE CRASHING

Puspa, Ayuningtyas (2018) ANALISIS PERCEPATAN PROYEK MENGGUNAKAN METODE CRASHING. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TS151550.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS151551.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS151552.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TS151553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB IV)
TS151554.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
TS151555.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu pengendalian yang baik untuk mencegah terjadinya ketelambatan adalah dengan cara mempercepat schedule proyek menggunakan metode crashing. Metode ini bekerja dengan cara mereduksi durasi suatu proyek yang juga ikut berpengaruh dengan berbagai alternatif seperti menambah jam lembur selama tiga jam dari jam normal dan menambah jumlah tenaga kerja. Penelitian ini akan membahas tentang berapa waktu dan biaya pada kondisi percepatan serta waktu dan biaya yang optimal diantara kedua alternatif tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara menghitung durasi dan biaya dalam kondisi normal dan crash (percepatan) pada masing-masing alternatif. Setelah itu dilakukan tahap kompresi yang mana durasi akan semakin dipercepat hingga tercapainya biaya optimum. Proyek yang diteliti memiliki durasi normal 1681 hari dengan total biaya proyek Rp 466.196.782.722,23. Dari analisis yang dilakukan untuk alternatif penambahan jam kerja (lembur) menghasilkan 1631 hari dengan biaya total sebesar Rp 464.864.474.542,81. Artinya, proyek dapat dipercepat selama 50 hari kerja dengan menghemat biaya sebesar Rp 1.332.308.179,42. Sedangkan untuk alternatif penambahan tenaga kerja menghasilkan 1656 hari dengan biaya total proyek sebesar Rp 465.442.147.298,99. Artinya, proyek dapat dipercepat selama 25 hari kerja dan dapat menghemat biaya sebesar Rp 754.635.423,24. Dari kedua alternatif tersebut waktu dan biaya yang optimal adalah dengan penambahan jam lembur selama tiga jam dari waktu jam normal delapan jam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterlambatan, Metode Crashing, Jam Lembur, Penambahan Tenaga Kerja, Biaya dan Waktu.
Subjects: Civil Engineering > Construction Management
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2019 03:18
Last Modified: 07 Feb 2019 03:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16304

Actions (login required)

View Item View Item