PENGELOLAAN UMPAN BALIK PELANGGAN RETAIL ONLINE

NUGRAHA, PUTHUT (2018) PENGELOLAAN UMPAN BALIK PELANGGAN RETAIL ONLINE. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TI073400.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TI073401.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TI073402.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TI073403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB IV)
TI073404.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text (BAB V)
TI073405.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TI073406.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan berdasarkan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Salah satu teknologi yang berkembang pesat adalah teknologi situs online yang berkembang dan banyak sekali pelanggan yang membeli produk secara online. Dengan semakin banyaknya situs belanja online yang menawarkan keunggulan masing-masing, membuat banyak pelanggan tidak mengetahui secara detail keunggulan ataupun kekurangan dari suatu situs belanja online. Situs x adalah salah satu situs belanja online yang sedang berkembang dan dijadikan peneliti untuk objek penelitian. Perkembangan zaman yang serba canggih metode analisis kualitas terhadap suatu perusahaan dapat dilakukan dengan cara online mengambil data tentang customer feedback yang ada di internet. Data yang diperoleh dari internet masih merupakan data yang sangat acak berupa pujian dan keluhan dari berbagai perlanggan. Dari situ pelanggan sangat bingung untuk mengetahui suatu situs belanja online unggul atau lemah pada bagian apa, dari permasalah tersebut ada tools untuk mengukur kualitas jasa bernama e-service quality(e-servqual). Dari dimensi e-servqual tersebut dapat diketahui keunggulan ataupun kekurangan dari masing-masing dimensi tersebut. Dari komentar yang sangat acak peneliti menggunakan tools text mining untuk mengolah data yang sangat acak menjadi dimensi-dimensi e-servqual yang meliputi reliability, responsiveness, access, flexibility, assurance/trust, efficiency, price knowledge, site easthetic, customization, safety dan easy of navigation. Dari hasil penelitian ini program/tools yang telah dibuat mampu dijalankan dengan baik dan dapat mengklasifikasikan komentar pelanggan ke dalam dimensi e-servqual. Dengan hasil tersebut, pengelola dapat mengetahui secara jelas keunggulan berdasarkan dimensi e-servqual maupun kekurangan yang ada pada situs x.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-servqual, text mining, situs belanja online.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Feb 2019 03:52
Last Modified: 08 Feb 2019 03:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16411

Actions (login required)

View Item View Item