NUGRAHA, PUTHUT (2018) PENGELOLAAN UMPAN BALIK PELANGGAN RETAIL ONLINE. S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN AWAL)
TI073400.pdf Download (911kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TI073401.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
TI073402.pdf Download (150kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
TI073403.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text (BAB IV)
TI073404.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
||
Text (BAB V)
TI073405.pdf Restricted to Registered users only Download (860kB) |
||
|
Text (BAB VI)
TI073406.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang dilakukan berdasarkan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Salah satu teknologi yang berkembang pesat adalah teknologi situs online yang berkembang dan banyak sekali pelanggan yang membeli produk secara online. Dengan semakin banyaknya situs belanja online yang menawarkan keunggulan masing-masing, membuat banyak pelanggan tidak mengetahui secara detail keunggulan ataupun kekurangan dari suatu situs belanja online. Situs x adalah salah satu situs belanja online yang sedang berkembang dan dijadikan peneliti untuk objek penelitian. Perkembangan zaman yang serba canggih metode analisis kualitas terhadap suatu perusahaan dapat dilakukan dengan cara online mengambil data tentang customer feedback yang ada di internet. Data yang diperoleh dari internet masih merupakan data yang sangat acak berupa pujian dan keluhan dari berbagai perlanggan. Dari situ pelanggan sangat bingung untuk mengetahui suatu situs belanja online unggul atau lemah pada bagian apa, dari permasalah tersebut ada tools untuk mengukur kualitas jasa bernama e-service quality(e-servqual). Dari dimensi e-servqual tersebut dapat diketahui keunggulan ataupun kekurangan dari masing-masing dimensi tersebut. Dari komentar yang sangat acak peneliti menggunakan tools text mining untuk mengolah data yang sangat acak menjadi dimensi-dimensi e-servqual yang meliputi reliability, responsiveness, access, flexibility, assurance/trust, efficiency, price knowledge, site easthetic, customization, safety dan easy of navigation. Dari hasil penelitian ini program/tools yang telah dibuat mampu dijalankan dengan baik dan dapat mengklasifikasikan komentar pelanggan ke dalam dimensi e-servqual. Dengan hasil tersebut, pengelola dapat mengetahui secara jelas keunggulan berdasarkan dimensi e-servqual maupun kekurangan yang ada pada situs x.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-servqual, text mining, situs belanja online. |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 08 Feb 2019 03:52 |
Last Modified: | 08 Feb 2019 03:52 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16411 |
Actions (login required)
View Item |