USULAN PERBAIKAN KUALITAS JASA PADA USAHA JASA CUCI MOTOR NUGROHO YOGYAKARTA

S., Bonaventura Donny (2018) USULAN PERBAIKAN KUALITAS JASA PADA USAHA JASA CUCI MOTOR NUGROHO YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TI064000.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TI064001.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TI064002.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TI064003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB IV)
TI064004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB V)
TI064005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB VI)
TI064006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img]
Preview
Text (BAB VII)
TI064007.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Cuci motor “Nugroho” adalah jasa yang bergerak di bidang cuci motor. Pemilik jasa belum mengetahui pelayanan yang baik yang dirasakan oleh pelanggan, terutama jam operasional yang tidak sesuai bagi pelanggan. Banyak pelanggan yang mengeluhkan jam operasional yang dipasang oleh pemilik berbeda dengan jam operasional sebenarnya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi atribut yang termasuk atribut prioritas perbaikan yang sudah diukur dengan metode SERVQUAL dan dibuat dalam Importance Performance Diagram, memberikan usulan perbaikan kualitas jasa pada usaha jasa cuci motor “Nugroho”, dan memberikan usulan strategi berdasarkan strategi SO, strategi ST, strategi WO dan strategi WT untuk tempat cuci “Nugroho”. Metode pengukuran kualitas jasa yang digunakan adalah metode SERVQUAL dengan 5 dimensi (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy). Importance Performance Analysis dibuat untuk prioritas perbaikan atribut pelayanan yang masih lemah. Perencanaan strategi SWOT adalah rencana strategi berdasarkan strategi SO, strategi ST, strategi WO, dan strategi WT. Atribut yang menjadi penentu prioritas perbaikan adalah Ta1 (Kebersihan dan kerapian tempat cuci motor), dan Em1 (Waktu opersional sudah sesuai dan nyaman bagi pelanggan). Usulan perbaikan kualitas jasa memperbaiki fasilitas penunjang tempat cuci motor. Usulan strategi SWOT adalah pemilik jasa menyediakan bonus sekali gratis mencuci setelah setiap beberapa kali mencuci di tempat itu untuk menarik pelanggan lainnya untuk mencucikan motornya (strategi SO), memberikan harga yang terjangkau sesuai kualitas hasil cuci motor (Strategi ST), tempat cuci motor membuka operasional pada hari Minggu atau hari libur lainnya yang memungkinkan pelanggan banyak yang mencucikan motornya (Strategi WO), dan memperbaiki fasilitas penunjang tempat cuci motor agar memiliki daya saing dengan pesaing lainnya (Strategi WT)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas jasa, SERVQUAL, Importance Performance Analysis, Analisis SWOT
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Feb 2019 04:45
Last Modified: 08 Feb 2019 04:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16421

Actions (login required)

View Item View Item