Analisis Sentimen Masyarakat Tentang Provider Telekomunikasi Indonesia Pada Twitter Menggunakan Naïve Bayes Classifier

Aprilia, Stefani (2018) Analisis Sentimen Masyarakat Tentang Provider Telekomunikasi Indonesia Pada Twitter Menggunakan Naïve Bayes Classifier. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TF077450.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TF077451.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TF077452.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TF077453.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TF077454.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text (BAB V)
TF077455.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TF077456.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Perkembangan media sosial menjadikan media sosial sebagai salah satu media pengambilan data yang besar. Salah satu pemanfaatan dari data media sosial adalah untuk mengetahui pendapat atau sentimen pengguna media sosial terhadap suatu topik dan masalah. Topik penting yang dibicarakan oleh pengguna jejaring sosial adalah provider telekomunikasi. Masyarakat dapat mengungkapkan pendapat, pernyataan, maupun tanggapan tentang provider telekomunikasi melalui internet terkhusus jejaring sosial. Pendapat masyarakat melalui Twitter disampaikan dengan cara memposting tweets. Postingan tweets tersebut dapat dilakukan analisis sentimen terhadap topik provider telekomunikasi. Analisis sentimen adalah salah satu cabang penelitian dari Text Mining yang berguna untuk mengklasifikasikan dokumen teks berupa opini berdasarkan sentimen. Pendapat tentang provider telekomunikasi dikumpulkan dan dijadikan sebagai data untuk dianalisis dan diamati. Salah satu pembelajaran mesin untuk analisis sentimen adalah Naïve Bayes Classifier (NBC). Metode Naïve Bayes Classifier (NBC) terkenal dengan metode yang sederhana tetapi memiliki keakuratan yang tinggi dalam kasus analisis sentimen berupa dokumen dibandingkan SVM. Hasil analisis sentimen dengan metode Naïve Bayes Classifier (NBC) akan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang dapat dijadikan pedoman dan masukan kepada pihak-pihak terkait untuk dapat meningkatkan layanan dan mempertahankan xii kepercayaan masyarakat terhadap provider telekomunikasi di Indonesia terutama Telkomsel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Twitter, Provider Telekomunikasi, Naïve Bayes Classifier (NBC), Data Mining
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Feb 2019 06:36
Last Modified: 11 Feb 2019 06:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16499

Actions (login required)

View Item View Item