Aprilia, Stefani (2018) Analisis Sentimen Masyarakat Tentang Provider Telekomunikasi Indonesia Pada Twitter Menggunakan Naïve Bayes Classifier. S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN AWAL)
TF077450.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TF077451.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
TF077452.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
TF077453.pdf Download (446kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
TF077454.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
||
Text (BAB V)
TF077455.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) |
||
|
Text (BAB VI)
TF077456.pdf Download (282kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan media sosial menjadikan media sosial sebagai salah satu media pengambilan data yang besar. Salah satu pemanfaatan dari data media sosial adalah untuk mengetahui pendapat atau sentimen pengguna media sosial terhadap suatu topik dan masalah. Topik penting yang dibicarakan oleh pengguna jejaring sosial adalah provider telekomunikasi. Masyarakat dapat mengungkapkan pendapat, pernyataan, maupun tanggapan tentang provider telekomunikasi melalui internet terkhusus jejaring sosial. Pendapat masyarakat melalui Twitter disampaikan dengan cara memposting tweets. Postingan tweets tersebut dapat dilakukan analisis sentimen terhadap topik provider telekomunikasi. Analisis sentimen adalah salah satu cabang penelitian dari Text Mining yang berguna untuk mengklasifikasikan dokumen teks berupa opini berdasarkan sentimen. Pendapat tentang provider telekomunikasi dikumpulkan dan dijadikan sebagai data untuk dianalisis dan diamati. Salah satu pembelajaran mesin untuk analisis sentimen adalah Naïve Bayes Classifier (NBC). Metode Naïve Bayes Classifier (NBC) terkenal dengan metode yang sederhana tetapi memiliki keakuratan yang tinggi dalam kasus analisis sentimen berupa dokumen dibandingkan SVM. Hasil analisis sentimen dengan metode Naïve Bayes Classifier (NBC) akan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang dapat dijadikan pedoman dan masukan kepada pihak-pihak terkait untuk dapat meningkatkan layanan dan mempertahankan xii kepercayaan masyarakat terhadap provider telekomunikasi di Indonesia terutama Telkomsel.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Twitter, Provider Telekomunikasi, Naïve Bayes Classifier (NBC), Data Mining |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 11 Feb 2019 06:36 |
Last Modified: | 11 Feb 2019 06:36 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16499 |
Actions (login required)
View Item |