EFFECTS OF INDIVIDUAL ENTREPRENEURIAL ORIENTATION TO HOSPITALITY ENTREPRENEURIAL INTENTION: EXAMINING THE MEDIATING ROLE OF SELF-ESTEEM

KADEL, PRADIP (2018) EFFECTS OF INDIVIDUAL ENTREPRENEURIAL ORIENTATION TO HOSPITALITY ENTREPRENEURIAL INTENTION: EXAMINING THE MEDIATING ROLE OF SELF-ESTEEM. S2 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
MM025420.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
MM025421.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
MM025422.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
MM025423.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text (BAB IV)
MM025424.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
MM025425.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Orientasi kewirausahaan dari seorang individu sering disebut sebagai pemicu utama untuk kewirausahaan. Terlepas dari pertimbangan ini, terus ada peningkatan besar dalam sejumlah penelitian dilakukan tentang peran yang dimainkan oleh orientasi wirausaha individu terhadap niat wirausaha dalam segmen industri tertentu. Selain itu, para peneliti menyaksikan beberapa kekuatan yang mendasari yang secara tak terduga menyesuaikan efek dari beberapa variabel tertentu pada yang lain. Tidak heran, keberpihakan semacam itu bertentangan dengan hal yang alami dan menghasilkan hasil yang tak terduga. Salah satunya adalah harga diri (self-esteem), yang diprediksi memiliki peran mediasi dalam efek orientasi wirausaha individu terhadap niat kewirausahaan perhotelan. Fokus dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi wirausaha individu terhadap niat kewirausahaan dalam konteks industri perhotelan. Selain itu, ia mengusulkan untuk memeriksa jenis efek mediasi yang seharusnya dimiliki oleh harga diri dalam hubungan ini. Selanjutnya, sampel penelitian ini terdiri dari 612 mahasiswa manajemen perhotelan dari Australia, Indonesia dan Nepal. Selain itu, kuesioner yang terdiri dari 37 item tertutup dikembangkan dalam tiga bahasa yang berbeda untuk mengumpulkan data kuantitatif. Demikian pula, skala Likert lima-poin digunakan untuk mengukur pendapat responden. Berdasarkan model analisis efek mediasi yang disarankan oleh Zhao et al. (2010), peneliti melakukan analisis regresi sederhana untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi wirausaha individu pasti berpengaruh pada niat kewirausahaan perhotelan. Selain itu, harga diri memiliki peran mediasi dalam pengaruh orientasi wirausaha individu terhadap niat kewirausahaan perhotelan. Dari analisis efek mediasi, tampak bahwa harga diri memiliki peran mediasi komplementer dalam hubungan ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan; Orientasi Wirausaha Individu; Harga diri (Self-esteem); Mediasi; Niat Kewirausahaan Perhotelan.
Subjects: Magister Manajemen > Bisnis Internasional
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:05
Last Modified: 20 Feb 2019 04:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16844

Actions (login required)

View Item View Item