ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI INFORMAL KARYAWAN DI MONUMEN PERS NASIONAL DALAM PROSES PENCARIAN INFORMASI ARAH PERKEMBANGAN ORGANISASI

Ayong, Esther Devy Putri (2018) ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI INFORMAL KARYAWAN DI MONUMEN PERS NASIONAL DALAM PROSES PENCARIAN INFORMASI ARAH PERKEMBANGAN ORGANISASI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM 05460.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam jaringan komunikasi informal, informasi atau pesan dapat mengalir secara bebas termasuk juga informasi tentang arah perkembangan organisasi. Hal ini karena di dalam jaringan komunikasi informal, karyawan dapat berinteraksi dengan siapa saja tanpa melihat jabatan atau status dalam struktur hierarki. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peranan, pola, dan karakteristik jaringan komunikasi informal karyawan di Monumen Pers Nasional dalam pencarian informasi arah perkembangan organisasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode analisis jaringan komunikasi. Sedangkan teknik analisis data digunakan dengan menggunakan metode sosiometri. Dalam penelitian ini sampel diambil dari seluruh populasi untuk melihat secara keseluruhan tentang peranan dan pola jaringan komunikasi informal karyawan di Monumen Pers Nasional dalam pencarian informasi arah perkembangan organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada jaringan komunikasi informal karyawan di Monumen Pers Nasional dalam pencarian informasi arah perkembangan organisasi ditemukan adanya enam klik yang terdiri dari tiga klik dengan pola hubungan stuktur lingkaran dan tiga klik dengan pola hubungan struktur roda. Sedangkan dengan derajat keterhubungan individu dalam berada di dalam rentang 3%-51%, sementaratingkat pengetahuan karyawan di Monumen Pers Nasional mengenai arah perkembangan organisasi menujukkan hasil yang berbeda.Tingkat pengetahuan karyawan mengenai Forum Komunikasi Museum sebesar 53%, sedangkan tingkat pengetahuan karyawan mengenai program penyempurnaan story line Monumen Pers Nasional sebesar 44,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola jaringan komunikasi, peranan jaringan komunikasi, dan arah perkembangan organisasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:31
Last Modified: 12 Mar 2019 02:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16846

Actions (login required)

View Item View Item