Pembingkaian Media Online Tentang Korban pada Simposium Nasional Tragedi 1965 (Analisis Framing Simposium Nasional Tragedi 1965 di Portal Online Kompas.com)

Kuma, Robertus Tatang Guritno Donny (2018) Pembingkaian Media Online Tentang Korban pada Simposium Nasional Tragedi 1965 (Analisis Framing Simposium Nasional Tragedi 1965 di Portal Online Kompas.com). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text
KOM04315.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Simposium Nasional Tragedi 1965 merupakan diskusi yang diselenggarakan oleh Kemenko Polhukam dengan tujuan untuk mencari jalan rekonsiliasi ternyata mendapatkan respon pro dan kontra dari berbagai kalangan. Pro dan kontra tidak hanya melibatkan para aktivis saja, namun juga elemen pemerintah baik yang berada di legislatif hingga eksekutif. Kompas.com sebagai salah satu portal media online dengan pembaca terbanyak memiliki ketertarikan pada Simposium Nasional Tragedi 1965. Peliputan diskusi tersebut bahkan masuk pada bidang Liputan Khusus Tragedi 1965. Ketertarikan Kompas.com juga dapat dilihat dari jumlah berita berita yang membahas berbagai wacana pro dan kontra dalam Simposium Nasional Tragedi 1965. Mulai dari 15 April hingga 27 Juli saja, tercatat terdapat 129 berita yang dikeluarkan Kompas.com terkait isu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses framing pada pemberitaan Simposium Nasional Tragedi 1965. Teori yang digunakan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi konten media menurut Reese dan Shoemaker. Faktorfaktor itu adalah faktor individual, rutinitas, organisasi, ekstra media, serta ideologi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah analisis framing model Gamson dan Modligiani. Pengumpulan data dilakukan dengan memilih enam berita dari time frame yang sudah ditentukan, serta wawancara pada pekerja media Kompas.com. Hasil dari penelitian terkait framing Kompas.com terhadap pemberitaan Simposium Nasional Tragedi 1965 terbagi menjadi dua. Analisis level teks yang ditemukan adalah rekonsiliasi adalah perwujudan permintaan maaf dari pemerintah kepada para korban 1965, Kompas.com mendorong pemerintah untuk menyelesaikan peristiwa 1965, serta terakhir Presiden Joko Widodo harus memenuhi janjinya menyelesaikan peristiwa 1965. Analisis konteks Kompas.com berpihak pada korban. Korban yang dimaksud adalah mereka yang mengalami ketidakadilan hukum. Kompas.com ingin menyampaikan keberagaman informasi terkait peristiwa 1965. Terakhir, Kompas.com mendukung pengadaan Simposium Nasional Tragedi 1965. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan humanisme yang menjadi ideologi Kompas.com mempengaruhi proses framing yang akhirnya menghasilkan frame pertama, Kompas.com mendorong pemerintah menyelesaikan peristiwa 1965 dengan menggunakan jalur hukum. Kedua, Kompas.com melakukan kritik pada pemerintahan Joko Widodo dalam pemberitaan Simposium Nasional Tragedi 1965.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Simposium Nasional Tragedi 1965, Reese dan Shoemaker, Kompas.com
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 21 Feb 2019 01:32
Last Modified: 21 Feb 2019 01:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16875

Actions (login required)

View Item View Item