STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK LOKAL DALAM MENCIPTAKAN IMAGE INTERNASIONAL TAHUN 2018 (Kasus pada Clothing Brand Saint Osa)

KITRI, ZITA PARAMA (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK LOKAL DALAM MENCIPTAKAN IMAGE INTERNASIONAL TAHUN 2018 (Kasus pada Clothing Brand Saint Osa). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text
KOM05258.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan media komunikasi telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam dunia pemasaran. Kemunculan e-commerce dan media sosial membawa kemajuan dalam dunia perdagangan dunia. Oleh karenanya saat ini banyak produk dan merek lokal dengan mudahnya dapat masuk ke pasar internasional. Meski begitu peneliti melihat bahwa tidak semua merek lokal yang masuk ke pasar internasional dapat berhasil diterima oleh konsumen secara internasional. Dalam hal ini peneliti melihat adanya peranan international brand image dalam membangun kepercayaan dan minat konsumen untuk memilih merek lokal yang masuk ke pasar internasional menjadi menarik untuk peneliti ketahui lebih lanjut. Menurut Kristanto (2011) international brand image sendiri merupakan identitas produk di kalangan konsumen di dunia, merek harus memiliki formulasi produk, manfaat, nilai, serta positioning di dalamnya. Peneliti kemudian menemukan merek fashion lokal bernama Saint Osa dengan image internasional yang saat ini telah sukses masuk ke pasar internasional. Oleh karenanya peneliti ingin mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang tepat agar dapat menciptakan international brand image di mata konsumen dunia. Dengan mengkaji temuan data dengan berbagai teori strategi komunikasi pemasaran menurut Machfoedz (2010), peneliti dapat menemukan bahwa baik produk, harga dan kemasan Saint Osa menjadi bagian penting dari isi pesan Saint Osa dalam menjalankan proses komunikasi pemasarannya. Sedangkan webstore, instagram, facebook, dan kemasan Saint Osa digunakan Saint Osa sebagai media komunikasi pemasarannya yang efektif bagi konsumen internasional sebagai target sasarannya. Adapun sumber pesan yang dipilih pemasar seperti model/ pemakai produk Saint Osa serta pabrik produsen Saint Osa menjadi sumber yang kredibel bagi Saint Osa menyampaikan pesan komunikasi pemasarannya dalam menciptakan image internasional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi pemasaran, merek lokal, international brand image.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 21 Feb 2019 01:58
Last Modified: 21 Feb 2019 01:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16885

Actions (login required)

View Item View Item