PROSES PENYUSUNAN PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Proses Penyusunan Pesan Komunikasi Pemasaran UMKM Fashion di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Melalui Media Sosial Instagram)

Daveli, Sindy Veronica (2018) PROSES PENYUSUNAN PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Proses Penyusunan Pesan Komunikasi Pemasaran UMKM Fashion di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Melalui Media Sosial Instagram). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Syndy Veronica Daveli)
KOM05145.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pesan merupakan salah satu komponen yang ada dalam model komunikasi pemasaran, dimana pesan adalah suatu makna mengenai ide, gagasan, yang disampaikan oleh pihak penerima (sender) dengan tujuan adanya perubahan atau perbedaan sikap yang timbul dari pihak penerima pesan (receiver). Penelitian ini menggunakan media sosial Instagram, dimana Instagram merupakan media sosial yang digunakan untuk berbagi foto dan video, menerapkan filter dan membagikannya ke berbagai jejaring sosial terkait. Kepopuleran Instagram yang semakin meningkat, memberikan peluang dan kesempatan para pengguna untuk mempromosikan merek, produk, maupun bisnis lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penyusunan pesan komunikasi pemsaran UMKM fashion melalui media sosial Instagram. Kemudian menganalisis bagaimana penyusunan pesan yang dilakukan UMKM fashion di media sosial Instagram memenuhi standarisasi karakteristik pesan “good communcations”. Penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi pada Instagram UMKM, dan dokumentasi beberapa screenshoot unggahan dari UMKM. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah ketiga UMKM menggunakan Instagram sebagai media channel untuk menyampaikan pesan pemasaran. Sebelum mengunggah pesan, ketiga UMKM melalui proses penyusunan pesan yang terdiri dari perencanaan pesan, penyusunan pesan dan revisi pesan. Instagram juga memiliki fungsi sebagai media untuk mengkomunikasikan pesan pemasaran produk yang telah disusun. Pesan yang disusun kemudian dianalisis dengan standarisasi karakteristik pesan “good communcations”, dimana ketiga UMKM yang menyusun pesan sesuai dengan karakteristik “good commucations” menimbulkan efek yang bisa dilihat khususnya likes dan followers di Instagram. Melalui unggahan pesan di Instagram, peneliti mendapatkan bahwa penyusunan pesan sebelum melakukan pemasaran penting untuk dilakukan agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan efektif oleh khayalak penerima pesan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pesan, proses penyusunan pesan komunikasi pemasaran, Instagram, pesan “good communcations”.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:30
Last Modified: 22 Feb 2019 02:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16968

Actions (login required)

View Item View Item