ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KINERJA ANGKUTAN UMUM PERKOTAAN DI PUSAT KOTA SALATIGA

Widyanovella, Yasinta (2018) ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KINERJA ANGKUTAN UMUM PERKOTAAN DI PUSAT KOTA SALATIGA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TS153650.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS153651.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS153652.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TS153653.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TS153654.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB V)
TS153655.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS153656.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Menurunnya minat penumpang angkutan umum atau sering disebut angkutan konvensional menimbulkan masalah baru yaitu kemacetan lalu lintas, karena kebanyakan penumpang beralih ke transportasi angkutan online maupun menggunakan kendaraan pribadi. Penurunan jumlah minat penumpang angkutan umum konvensionnal berdampak pada sedikitnya penumpang namun armada yang beroprasional jauh melebihi jumlah armada yang seharunya dibutuhkan. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap kelayakan fasilitas dan kinerja angkutan yang berdampak pada minat penumpang menggunakan angkutan umum. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan dan pencatatan survei lapangan serta melakukan penyebaran 105 form kuisioner. Hasil data pengamatan dan pencatatan dilapangan yaitu data jumlah penumpang naik turun, load factor, kecepatan perjalanan, headway, frekuensi perjalanan, waktu tunggu dan jumlah armada. Kuisioner diuji menggunakan uji validitas dan uji reabilitas selanjutnya data diolah menggunakan metode Importance Performance Analysis dan dijelaskan berdasarkan kuadaran masing-masing. Data jumlah armada, jalur trayek dan peta lokasi didapatkan dari data Dinas Perhubungan Kota Salatiga. Hasil dari pengolahan data penelitian menunjukkan bahwa angkutan perkotaan Kota Salatiga tidak melakukan penyimpangan rute. Rata-rata penumpang setiap hari 8 penumpang. Nilai load factor rata-rata yaitu sebesar 14,881%. Dengan kecepatan rata-rata angkutan adalah 16,267 km/jam. Headway rata-rata 11 menit. Jumlah armada mengalami kelebihan armada dengan penumpang yang berjumlah sedikit. Dari hasil kuisioner yang masih dianggap kurang baik dan perlu adanya perbaikan menurut penumpang yaitu fasilitas atau kondisi angkutan, kecepatan, waktu tunggu, waktu tempuh, dan kebersihan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kepuasan penumpang, kinerja, angkutan umum perkotaan, validitas, reabilitas, Importance Performnace Analysis.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Feb 2019 06:02
Last Modified: 22 Feb 2019 06:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16990

Actions (login required)

View Item View Item